Wawali dan Raja Tual Cek Kesiapan Pentahbisan Gereja Katolik Xaverius

Tual News – Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE dan Raja Tual, Djafar Tamher, Sabtu ( 12/06/2021 ), mengunjungi Gereja Santo Fransiskus Xaverius Kota Tual, dalam rangka mengecek kesiapan Pentahbisan Gereja Katolik termegah di Propinsi Maluku itu oleh Uskup Amboina, yang juga Uskup Agung Merauke, Mgr. P.C. Mandagi, MSC, tanggal 16 Juni 2021.

GPM Antar Yelim Dukung Pentahbisan Gereja Katolik Tual

Dalam kunjungan itu, mereka diterima umat Katolik Paroki Tual, Panitia dan Pastor Paroki, RD. Jack Reyaan.

Ketua Panitia Pentahbisan Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Kota Tual, Justus Huik, kepada tualnews.com, mengaku persiapan menjelang pentahbisan Gereja tersebut sudah rampung delapan puluh lima persen.

“ Pentahbisan Gereja  tanggal 16 Juni 2021 oleh Uskup Amboina, sedangkan pengresmian Gereja Santo Fransiskus Xaverius akan dilaksanakan serentak bersamaan dengan Masjid Raya Tual, dan Gereja Maranatha Kota Tual yang merupakan agenda Pemkot Tual “ Ungkapnya.

Gereja Katolik Kota Tual Termegah di Maluku

Kata Huik, kesiapan menuju Pentahbisan Gereja telah dilakukan, dengan empat agenda acara yakni prosesi adat Kei, acara sermonial, Misa Syukur Pentahbisan Gereja dan syukuran bersama.

“ Sejak panitia dibentuk tanggal 16 Januari 2021, semua bekerja maksimal, dan persiapan rampung 85 % “ Ujarnya.

Ketua Panitia, mengaku Uskup Diosis Amboina, Mgr. P.C. Mandagi, MSC  akan tiba di Tanah Evav, Minggu ( 13/06/2021 ), dan akan dijemput umat Katolik Paroki Tual di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur.

Islam – Kristen Kei Antar Yelim Dukung Pentahbisan Gereja

“ Untuk acara Pentahbisan Gereja, dimulai dengan prosesi adat, yaitu ada kunci gereja dan mas adat Kei yang dibawah Raja Tual bersama Keluarga Tamher, diapit Misdinar, diiringi tarian adat Kei akan dilaksanakan prosesi adat Tai Taroman, dimuka pintu Gereja. Selanjutnya semua tamu VIP dikenakan pengalungan bunga, lalu diantar masuk dalam Gereja “ Ungkap Ketua Panitia.

Kata dia, titik kumpul para tamu dan undangan VIP Pentahbisan Gereja, sesuai koordinasi bersama Komandan Polisi Militer ( Den POM ) Tual, akan berkumpul di Kantor Subdenpom.

Bupati & OPD Pemkab Malra Pakai Baju Adat Kei Antar Yelim di Gereja

“ Untuk pendukung acara, kami libatkan semua elemen golongan, baik basudara protestan dan Islam, seperti Remaja Masjid, Orang Muda Katolik ( OMK ), dan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku ( AMGPM ) akan berkoloborasi meriahkan acara Pentahbisan Gereja “ Tandas Ketua Panitia.

Dikatakan, Pentahbisan Gereja ST. Fransiskus Xaverius Kota Tual, sekaligus memperingati Pesta Imamat 25 Tahun Pastor Jack Renyaan, Pastor S. Reresy, dan Pastor Ingnasius Welerubun.

Uskup Amboina Tiba di Langgur

Sementara itu, berdasarkan pantauan tualnews.com, Uskup Administrator Keuskupan Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC, telah tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Minggu ( 13/06/2021 ). Kedatangan Mandagi yang juga Uskup Agung Merauke,  dijemput langsung Wakil Uskup Kei – Kecil, RD Eko Reyaan, Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan Forkopimda Kabupaten Malra dan Kota Tual.

Demi alasan keamanan,  Uskup Mandagi, setelah turun dari Pesawat langsung diantar dengan mobil yang disiapkan menuju Wisma Unio Projo Langgur.

Setelah sampai di Wisma Unio Projo, Kepala Keuskupan Agung Merauke ini disambut secara Adat Kei dan pengalungan bunga.

Untuk diketahui, kunjungan Kanonik Uskup Administrator Keuskupan Amboina di Kepulauan Kei, dalam rangka Pengresmian dan Pentahbisan Gereja Katolik Santo Yosep Ohoijang, Senin ( 14/06/2021 ), dan Pentahbisan Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Kota Tual, Rabu ( 16/06/2021 ).

Selain itu Uskup Mandagi, juga akan memberikan pelayanan Sakramen Krisma di Paroki – Paroki yang ada dalam wilayah Keuskupan Kei – Kecil.

( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: