Menyeberangi Sungai, Bunda Literasi Maluku Sambangi Suku Naulu

Tual News – Bunda Literasi Maluku yang juga Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, selasa ( 28/09/2021 ), nekad menyeberangi sungai untuk melihat secara dekat kehidupan masyarakat Suku Naulu, di Dusun Rouhua Pantai dan Rouhua Baru, Negeri  Sepa  Kabupaten Maluku Tengah.

Evaluasi Stunting, Duta Parenting Maluku Kunjungi Desa Tunguwatu

“ alhamdulillah hari ini,  saya berkesempatan datang mangente Suku Naulu di Dusun Rouhua Pantai dan Dusun Rouhua Baru,  perjalanan menuju Dusun Rouhua Baru tetap kami lalui,  walaupun harus menyeberangi sungai dengan aliran air  yang cukup deras, karena rasa peduli dan cinya saya kepada  warga setempat, “ucap Duta Parenting Maluku, dalam akun facebooknya, Widya MI.

Dalam kunjungan kali ini, Bunda PAUD Maluku, didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, yang juga sebagai Ketua Harian Dekranasda Provinsi Maluku.

Inovasi Dinas Perpustakaan, Pelajar Tual Antusias Membaca di Taman Kota

Widya mengaku bangga dengan keanekaragaman adat dan budaya Maluku, yang terus dipertahankan Suku Naulu, dalam membina persatuan, menjaga kerukunan antar umat beragama, serta  membangun persaudaraan sejati antara orang basudara.

“ Suku Naulu memiliki memiliki tiga komunitas agama yaitu Islam, Kristen dan Hindu. Kerajinan tangan yang dihasilkan penduduk setempat seperti  anyaman bambu, aksesoris manik, dan kerajinan sendal rumahan batik motif Maluku, masih tetap dijaga dan dilestarikan hingga saat ini  “ salutnya.

Duta Parenting Maluku Kerja Nyata Turunkan Stunting

Kata Widya, kunjungan di suku Naulu, merupakan upaya memajukan literasi di negeri raja-raja, sebagai inspirasi bagi masyarakat dan generasi muda dalam meningkatkan gemar membaca.

Selama berada di dua kampung itu, Widya menyerahkan  bantuan berupa CD video lagu mars Bunda Literasi yang diciptakan sendiri oleh Bunda Literasi Provinsi Maluku dan buku bacaan untuk perpustakaan Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di Dusun Rohua Pantai dan perpustakaan Dusun Rouhua Baru.

Widya berharap, kegiatan “ Mangente Rouhua ” menjadi momentum dan semangat baru bagi Pemerintah Desa, Dusun, serta pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM  ), Suku Naulu untuk terus memajukan literasi, dan meningkatkan kreatifitas, demi   memberdayakan masyarakat Dusun Rohua Baru dan Rohua Pantai,  Kabupaten Maluku Tengah. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: