Walikota Tual Ingatkan Kepsek Tidak Berpolitik Praktis

72 / 100

Tual News – Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, dalam amanatnya pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sejumlah Kepala Sekolah SD dan SMP Kota Tual, rabu ( 01/12/2021 ), di Aula Kantor Walikota Tual,  mengingatkan para tenaga pendidik untuk tidak berpolitik praktis, harus fokus mengajar dan mendidik anak – anak untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“ Bapak / Ibu jujur saya katakan, kalau pimpinan di setiap daerah berani dan berpedoman pada Undang – Undang, banyak pegawai sudah pecat. Terutama soal disiplin, ada oknum ASN Pemkot Tual sudah bertahun – tahun tidak laksanakan tugas, “ tandasnya.

Kata Walikota Tual, Kepsek adalah tugas tambahan, sedangkan tugas pokok sebagai guru untuk melakanakan proses belajar – mengajar di sekolah.

Walikota-Tual-Melantik--Kepsek-SD-dan-SMP-Kota-Tual
Walikota-Tual-Melantik–Kepsek-SD-dan-SMP-Kota-Tual

“ Kepsek dituntut membangun manajemen pendidikan sekolah untuk maju dan berkembang. Jadi sekali lagi, Kepsek jangan berpolitik, sebab kalau politik sudah masuk dunia pendidikan itu bisa berantakan dan sangat berbahaya, “ pesanya.

Rahayaan minta Kepsek fokus dan konsentrasi untuk risau serta gelisah bagaimana memperhatikan mutu dan kwalitas anak didik di sekolah.

“ Saya berharap Bapak /Ibu yang sudah disumpah, dalam SK disebut punya kapabilitas, integritas, dan profesionalitas, harus  bersyukur karena anda sudah jadi pegawai negeri, banyak orang tua menangis dari lorong ke lorong merindukan anaknya jadi ASN, “ ujarnya.

Walikota Tual juga mengharapkan agar masyarakat jangan menjadikan jabatan Kepsek sebagai jabatan politik, lalu ada pro – kontra di masyarakat.

“ masyarakat jangan jadikan jabatan Kepsek sebagai jabatan politik, lalu pro dan kontra. Teman – teman media tolong ikut suarakan ini, sebab jabatan Kepsek bukan jabatan politik, sehingga harus ada dukungan tanda tangan masyarakat, “ sorotnya.

Dikatakan, hal ini terjadi ketika seseorang dipromosikan menduduki jabatan Kepsek atau pimpinan OPD, ada surat masuk dukung – mendukung dari masyarakat.

“ Saya menyesal ada orang buat surat dukungan minta tanda tangan masyarakat untuk duduki satu jabatan, kita orang Kei harus rubah mindset atau pola pikir seperti ini, sebab seseorang dipromosikan menduduki satu jabatan, sesuai mekanisme dan aturan kepegawaian, “ sesal Walikota Tual.

Rahayaan menilai, kalau pola pikir seperti ini tidak berubah, maka lebih baik jabatan Kepsek dilakukan voting, biar masyarakat memilih.

“ Saya ingatkan,  jangan ada oknum guru yang ikut mengkondusikan hal seperti ini, sebab dia tidak pantas dan layak menjadi seorang tenaga pendidik. Ada oknum guru seperti itu, termasuk Kepala Desa dan Dusun ikut lagi. Saya akan buat surat panggil oknum kades seperti ini untuk pembinaan, kalau tidak bisa dibina, ya dibinasakan “ kesalnya.

Walikota meminta Kadis Pendidikan Kota Tual, apabilah menemui ada Kepala Desa yang surati penolakan seseorang yang diangkat menduduki jabatan Kepsek, maka harus ditelusuri sebab pasti ada biangnya pada oknum guru di sekolah tersebut.

“ saya berkomitmen memajukan dunia pendikan Kota Tual, terimakasi Kadis Pendidikan, karena kita sudah memiliki lima puluh guru penggerak. Mari kita satukan pandangan untuk memajukan pendikan Kota Tual, “ harapnya.

Sementara itu sesuai lampiran SK Walikota Tual, Nomor : 821.24/SK/012/2021, tanggal 29 November 2021, tentang pengambilan sumpah jabatan sejumlah Kepala sekolah SD dan SMP di Kota Tual masing – masing :

  1. Abdulah Rettob, S.Pd, Jabatan Baru Kepala UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan PP Kur
  2. Nuralaila Bugis, S.Pd Jabatan Baru Kepala Sekolah SMP N 1 Kur
  3. Andi Tendri Hasuna, S.Pd, jabatan baru Kepsek SMP N 2 Tayando
  4. Irawati Nanat, S.Pdi, jabatan baru Kepsek SD N 1 Mangon
  5. Nema Latoge, S.pd, jabatan baru Kepsek SD Labetawi
  6. Maya Renuat, S.Pdi, jabatan baru Kepsek SD N Dullah Ngadi
  7. Muhamad D. Leisubun, jabatan baru pengawas SMP Kota Tual
  8. Mochtar Wusurwut, S.Pd, jabatan baru Kepsek SMP N 5 Kota Tual
  9. Muhamad Tamir Rumkel, S.Pd, jabatan baru Kepsek Utan Tel Timur
  10. Puasa Rahangmetan, S.Ag, jabatan baru Kepsek SMP Satu Atap Ngurhir Tam
  11. Bol – Bol. Rumkel , jabatan baru Kepsek SMP N Dullah Kota Tual
  12. Josmina Lakesubun, jabatan baru pengawas SD
  13. Hendrika Rina Sirwutyanan, S.Pd, jabatan baru Kepsek SD N Taar Kota Tual
  14. Admal Samat, jabatan baru Kepsek SMP Madani Kota Tual
  15. Inosentius Teniwut, Pd jabatan baru Kepsek SD Naskat Matias III Kota Tual
  16. La Jania Madamar, S.Sos, jabatan  baru Kepala Bagian Kerja Sama Sekda Kota Tual
  17. Muhamad S. Rumra, SE, Kepala Sub Bagian Protokoler dan Kepegawaian Sekretariat DPRD Kota Tual
  18. Syarif Kom, jabatan baru Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Dinas Keperpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tual
  19. Ode Mansur, SE jabatan baru Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan pada BKPSDM Kota Tual
  20. Tri Lestari, S.Kom, jabatan baru Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian. ( TN – 02 )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: