Dua Warga Australia Terdampar di Pulau Kur Dipulangkan

Tual News – Dua warga Negara Australia, yakni Smith Warren Ashley ( nahkoda ) dan Crishtoper Mrakas ( crew ),  terdampar di Kecamatan PP Kur, Kota Tual, Provinsi Maluku, akhirnya dipulangkan dengan pesawat Wings Air, rabu ( 6/4/2022 ), pukul 06.10 WIT, dari Bandara Karel Sadsuitubun Langgur Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantauan tualnews.com, keberangkatan dua awak Kapal Yacht SY Soggy Paws 1 menggunakan pesawat Wing Air 1507 menuju Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon.

kapal kedua warga Australia itu mengalami gangguan mesin pada tanggal 1 april 2022

Turut mengawal keberangkatan dua warga Negara Australia tersebut, Unit Intel Lanal Tual, Kantor Kesbangpol Kota Tual bersama Tour Gat, Bapak Ony.

Imigrasi Tual Deportasi Satu Warga Filipina Lewat Bandara Soekarno Hatta

Untuk diketahui, sebelumnya pada Jumat 01 April 2022, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Lanal Tual, Bakamla, dan Kesbangpol Kota Tual, menemukan kapal Yacht yang mengalami gangguan mesin di perairan PP Kur, Kota Tual.

Kapal SY Soogy Paws 1, dengan nahkoda Smith Warren Ashley dan Crew Christoper, warga Negara Australia, bertolak dari Kota Sorong, pada rabu, 29 Maret 2022.

Dalam perjalanan, kapal kedua warga Australia itu mengalami gangguan mesin, pada tanggal 1 april 2022, pukul 13.46 WIT, koordinat pos Co 04 51.134 S/132 2.800 E, 56 NM dari Tual bearing 138 pada perairan PP Kur.

IWPG Bangun Kerjasama Perempuan Untuk Perdamaian Berkelanjutan

Pasca mendapatkan laporan, Kepala SAR Kota Tual memberangkatkan KN. Sar Abimayu menuju TKP, pada jumat ( 01/4/2022 ). Pada pukul 19.20 WIT, kapal Yacht Australia ini ditemukan dan selanjutnya dilakukan koordinasi untuk penarikan.

Pukul 19.45 WIT, proses penarikan kapal dilaksanakan dengan kecepata enam knot tujuan Kota Tual, dan pada sabtu ( 2/4/2022 ), pukul 02.20 WIT, kapal yacht lego jangkar di sekitar pelabuhan Perikanan Nusantara ( PPN ) Dumar Kota Tual.

Dua korban warga Australia ditemukan dalam keadaan sehat, padahal kapal yacht sudah mengapung selama tiga hari menggunakan layar.

( Media Tual News )

 

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: