fbpx
14 Desa di Kebut Akui Raja Maur Ohoiwut Adalah Theodorius Rahail

14 Desa di Kebut Akui Raja Maur Ohoiwut Adalah Theodorius Rahail

70 / 100

Tual News – 14 Desa / Ohoi di Kecamatan Kei –Besar Utara Timur, dan Kei Besar Utara Barat, dalam pernyataan sikap di DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, selasa ( 05/4/2024 ) mengakui Raja Maur Ohoiwut yang sah adalah Theodorius Rahail.

Pengakuan ini disampaikan Calon Tunggal Kepala Ohoi yang telah dikukuhkan secara adat Kei di Ohoi Watlaar, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, 24 – 25 Maret 2022, kepada tualnews.com, usai mengawal Raja Maur Ohoiwut, Theodorius Rahail, mendatangi gedung DPRD Malra untuk mengikuti rakor melalui zoom meeting bersama Kemenko Polhukam, Gubernur Maluku , Bupati Malra, Ketua DPRD Malra dan dua Raja Maur Ohoiwut masing – masing, Theodorius Rahail dan Leopoldus Rahail.

News

Rakor Kemenko Polhukam bersama para pihak tersebut, dalam rangka memfasilitasi dualisme Raja Maur Ohoiwut, ditunda hingga senin ( 11/4/2022 ), karena ketidakhadiran Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan Ketua DPRD Malra, dalam zoom meeting tersebut.

Rakor Menko Polhukam Soal Raja Maur Gagal, Bupati Malra Belum Hadir

Calon tunggal Kepala Ohoi Ohoiwirin, Yosep Ohoiulun yang sudah dikuhkuhkan secara adat Kei oleh Raja Maur Ohoiwut, Theodorius Rahail, bersama tiga belas calon Kepala Ohoi lainya kepada Pers, menjelaskan selama ini dirinya terus mempertanyakan dualisme Raja Maur Ohoiwut yang belum ada kejelasan.

Raja Theodorius bersama warga masyarakat datang di gedung wakil rakyat menggunakan pakaian adat Kei bercorak merah 1

“ Saya mengetahui persis Raja Maur Ohoiwut yang sah, sesuai bukti keputusan PTUN adalah Bapak Raja Theodorius Rahail, “ tegasnya.

Yosep meminta Pemkab Malra dan DPRD untuk segera menindaklanjuti aspirasi masyarakat Maur Ohoiwut yang menginginkan Raja yang sah, sesuai keputusan pengadilan tahun 2012.

Polisi Diminta Tangkap Anggota BNN Tembak Kabalmay Di Depan Rumdis Dandim 1503

“ saya bertahan delapan tahun, dan ketika Bapak Raja Maur Ohoiwut, Theodorius Rahail kuhkuhkan secara adat Kei di pusat kampung ( woma ) Labes Ohoi Watlaar, dengan cara makan tanah. Setelah itu saya pulang di kampung Ohoiwirin, lalu dipusat kampung depan rumah saya disumpah lagi secara adat Kei, “ ungkapnya.

Calon Tunggal Kepala Ohoi Ohoifau, Magdalena Beruatwarin, mengaku tahun 2013 memperoleh rekomendasi dari Bapak Raja Maur Ohoiwut, Theodorius Rahail, lalu dilantik sebagai Kepala Ohoi Ohoifau tahun 2014 oleh Mantan Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun.

Dokter Unhas Berhasil Angkat Dua Serpihan Peluru Korban Penembakan BNN Kota Tual

Diakui dirinya juga mendapatkan rekomendasi dari Raja Maur Ohoiwut, Theodorius Rahail, untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Kepala Ohoi Ohoifau, walaupun sudah ada pengukuhan adat Kei oleh Raja Maur Ohoiwut, Leopoldus Rahail kepada Calon Kepala Ohoi Ohoifau, Demi Beruatwarin, tahun 2022.

“ walaupun sudah ada pengukuhan adat Kei terhadap Calon Kepo Ohoifau, Demi Beruatwarin, namun saya percaya bahwa Bapak Leopoldus Rahail bukan Raja,melainkan yang resmi sebagai Raja Maur Ohoiwut adalah Thedorius Rahail, “ Jelas Ibu Magdalena Beruatwarin yang juga adik perempuan Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si.

27 Ohoi di Kebut Masih Bertatus Pejabat Karena Kendala Raja Maur Ohoiwut

Sementara itu Calon Tunggal Kepala Ohoi Muun, Albert Renmaur, menegaskan selama ini sudah menunggu lama terkait dualisme kepemimpinan Raja Maur Ohoiwut, olehnya itu penantian Raja Maur Ohoiwut, Theodorius Rahail, untuk hadir menegakan kebenaran, kejujuran dan keadilan bagi masyarakat di Kecamatan Kei Besar Utara Timur dan Kei Besar Utara Barat.

“ jadil kali ini sudah jelas bagi kita semua Bapak Theodorius Rahail sebagai Raja Maur Ohoiwut, “ Tegas Renmaur.

Dia berpesan kepada Anggota DPRD Malra asal Maur Ohoiwut, untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

“ mari kita tetap berada dalam satu persekutuan orang Kei, agar ke depam raschap Maur Ohoiwut jadi lebih baik, “ harapnya.

Renmaur menjamin siap mengamankan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat ( kamtibmas ) dalam membantu TNI – Polri.

“ saya jamin aman dan lebih sisa, model apa saja bisa, “ katanya.

( Media Tual News )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page