Yayasan Tak Usul Ganti, Bupati Lantik Kepsek SD Kristen Ohoira

Tual News – Ketua Klasis PP Kei – Kecil dan Kota Tual yang juga Ketua Yayasan Pembinaan Pendidikan Kristen [YPPK]  J.B Sitanala, Pdt Ny. I.K. Koljaan/W, S.Th ketika dikonfirmasi Media Tual News, kamis ( 05/5/2022 ) menegaskan pelantikan Kepala Sekolah SD Kristen Ohoira yang dilaksanakan Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, beberapah waktu lalu, tidak diketahui sebab tidak ada rekomendasi Yayasan untuk pergantian Kepsek SD Kristen Ohoira.

“ Ketika yang bersangkutan dilantik sebagai Kepsek SD Kristen Ohoira, kami sendiri kaget karena tidak ada usulan rekomendasi dari Yayasan.  Kami sampaikan surat mohon pertimbangan Pemerintah Daerah, sebab sesuai surat perjanjian dan kerja sama dengan yayasan, maka harus  dipertimbangkan kembali keputusan Pemkab Malra yang memberikan SK Kepsek kepada yang bersangkutan, “ Ungkap  Ketua YPPK J.B Sitanala, Pdt Ny. I.K. Koljaan/W, S.Th.

SD Kristen Ohoira Ditanam Sasi Adat Kei

Menyoal pemasangan tanda larangan adat Kei sasi ( hawear – red ) di SD Kristen Ohoira, Koljaan mengaku tidak mengetahui hal itu.

ruagan guru dan kelas sd kristen ohoira dipalang kayu dan ditanam sasi e1650973661459

“ Kami sendiri tidak mengetahui, sebab sebelum pasang sasi adat kei, kami sudah ke SD Kristen Ohoira, lalu secara internal bersama yayasan dan yang bersangkutan, saya  sudah jelaskan, kalau kami tidak bermasalah denganya, kami bermasalah dengan prosudur Pemkab Malra, “ Jelasnya.

Ditanya sikap Pemkab Malra menyikapi surat masuk dari yayasan, Ketua Klasis Kei Kecil dan Kota Tual, mengaku sudah bertemu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malra untuk mencari solusi terkait yang bersangkutan.

Hawear Balwirin SD Kristen Ohoira Dari Rat Magrib

“ Sudah ada kesepakatan,  nanti pertimbangan kami dari yayasan sendiri menempatkan yang bersangkutan dimana, pemerintah daerah kembalikan kepada yayasan, “ Terang Ketua YPPK Malra dan Kota Tual.

Kata Koljaan, sasi ( hawear –red ) yang dipasang di SD Kristen Ohoira, sudah dicabut oleh yang bersangkutan.

“ Tidak ada usulan dari Yayasan untuk pergantian Kepala Sekolah SD Kristen Ohoira. Kami sendiri tidak mengetahui, katanya itu berdasarkan percakapan suami yang bersangkutan dengan pengurus yayasan, namum rekaman itu ada setelah pelantikan. Jadi jelas secara tertulis belum ada usulan dari yayasan, “ Ungkapnya.

Jaksa Diminta Sidik Korupsi Covid-19 Puskesmas Ohoira, 10 Juta Disetor ke Dinkes

Menurut Ketua YPPK, Kepsek SD Kristen Ohoira tetap melaksanakan tugas sebagai Kepala Sekolah, karena satu tahun lagi  baru memasuki usia pensiun.

Untuk diketahui, sesuai data yang dihimpun Media Tual News, Kepala Sekolah SD Kristen Ohoira yang sudah dilantik  Bupati Malra, Sintya Senli Sedubun, bersama suami Semuel Gat C. Sedubun, dan keluarga mendatangi kediaman Rat Magrib, Frans Renfaan selasa sore ( 26/04/2022 ), pukul 16.30 WIT.

Mereka meminta petunjuk Rat Magrib, tentang prosudur pemasangan sasi ( hawear ) sesuai tatatan adat dan budaya kei, lalu pukul 17.40 WIT, dilaksanakan pemasangan sasi ( Hawear Balwirin ) pada pintu masuk ruangan Kepala Sekolah dan pintu masuk SD Kristen Ohoira.

Jasa Covid-19 Belum Diterima, Pegawai Surati Inspektorat Audit Kapus Ohoira

Pintu masuk ruangan Kepsek SD Kristen Ohoira, dipalang dengan kayu, kemudian satu buah sasi daun kelapa putih dipasang ditengah, beralaskan batu. Tampak satu buah baju dinas ASN guru digantung ditengah sasi tersebut.

Sementara pintu masuk SD Kristen Ohoira juga dipalang kayu, dan ditanam Sasi ( Hawear Balwirin ), beralaskan batu.

Selanjutnya pada jumat ( 29/4/2022 ), pukul 10.00 WIT, Samuel Gat C. Sedubun bersama isterinya, Sintya Senli Sedubun, mengangkat kembali sasi ( hawear ) yang dipasang di SD Krsiten Ohoira, dibawah pulang ke rumah pribadinya.

( Media Tual News )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: