fbpx

Dua Kelompok Pemuda Malra Ikrar Damai, Pendeta & Pastor Doa Bersama

70 / 100

Tual News – Dua kelompok pemuda yang selama ini terlibat pertikaian yakni pemuda kompleks Ohoibun Bawah dan Ohoibun Atas, kamis ( 21/7/2022 ) pukul 17.10 WIT mengikrarkan perdamaian, disaksikan Kapolres Malra AKBP Frans Duma, S.P, Kepala Ohoi Langgur, Hironimus Dumatubun, Camat Kei Kecil Neles Rettob, Wakil Uskup Kei – Kecil RD Eko Reyaan, Ketua Majelis Jemaat GPM Anugerah Ohoijang, Pendeta G. H. Anakotta, S.Th, tokoh masyarakat, adat, perempuan bersama warga masyarakat.

Dua Kelompok Pemuda Malra Baku Hantam, Satu Luka Luka

Pantaun Media Tual News, ikrar perdamaian antara dua kelompok pemuda tersebut berlangsung di ruas jalan Jenderal Sudirman depan Hotel Dragon Kecamatn Kei Kecil.

Sebelum digelar pertemuan bersama, dilaksanakan prosesi adat Kei oleh Badan Saniri Ohoi Langgur, dilanjutkan doa syukur yang dibawakan Ketua Majelis Jemaat GPM Anugerah Ohoijang, Pendeta G. H. Anakotta, S.Th, dan perayaan Misa syukur oleh Wakil Uskup Kei Kecil, RD Eko Reyaan, Pr.

Salah Paham, Dua Kelompok Pemuda Malra Aksi Lempar Batu, Satu Polisi Terluka

Kapolres-Malra-bersama-para-Tokoh-Agama-adat-dan-pemerintah-dalam-prosesi-perdamaian-dua-kelompok-pemuda.
Kapolres-Malra-bersama-para-Tokoh-Agama-adat-dan-pemerintah-dalam-prosesi-perdamaian-dua-kelompok-pemuda.

Kepala Ohoi Langgur, Hironimus Dumatubun, dalam amanatnya menegaskan benteng yang paling kuat adalah doa dan persaudaraan, olehnya itu sebagai Orang Kay Langgur sudah menandatangani salah satu peraturan desa/ ohoi yang memberikan kewenangan kepada para ketua lingkungan untuk mengatur warga atas nama Kepala Ohoi.

Bersama IWPG Perdamaian Tercipta Lewat Peran Media

” Bagi warga dan pemuda yang melanggar aturan desa, akan diberikan peringatan tegas, ” Tegas Kepala Ohoi Langgur.

Dumatubun mengaku di bulan september 2022 mendatang, Tim dari Ohoi Langgur akan turun melaksanakan pendataan kepada semua warga yang tinggal dan menetap di desa Langgur.

”  Tim Ohoi Langgur turun dan mendata serta membuat pemetaan basis data warga,  guna penyaluran anggaran pendapatan dan belanja desa/ ohoi, demi  kesejahteraan semua warga, ” Ungkapnya.

Ikrar Damai Desa Ohoitel dan Ohoitahit Akhiri Pertikaian

Orang Kay Langgur minta kepada warga masyarakat yang terdampak konflik/tawuran antara dua kelompok pemuda tersebut beberapah waktu lalu, untuk segera menyerahkan data beserta bukti foto rumah dan barang rusak, sehingga Pemerintah Ohoi Langgur akan membantu.

Ketua-Majelis-Jemaat-GPM-Ohoijang-dan-Wakil-Uskup-Kei-Kecil-memimpin-doa-bersama
Ketua-Majelis-Jemaat-GPM-Ohoijang-dan-Wakil-Uskup-Kei-Kecil-memimpin-doa-bersama

” atas nama warga masyarakat Ohoi Langgur, saya ucapan terima kasih kepada Pihak Kepolisian dan TNI, tokoh agama, serta Pemkab Malra beserta  semua pihak atas itikad baik dalam menyelesaikan permasalahan ini, ” Salut Orang Kay Langgur.

Dandim 1503 dan Kapolres Malra Fasilitasi Perdamaian Antar Pemuda

Usia mendengar amanat Orang Kay Langgur, dua kelompok pemuda kompleks Ohoibun atas dan ohoibun bawah yang terlibat konflik bulan April 2022, mengikrarkan perdamaian melalui penandatangan perjanjian damai bersama yang mengikat kedua pihak serta berkomitmen tidak lagi mengulangi pertikaian diantara mereka.

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan yang dilaksanakan  tanggal 13 April dan 19 April 2022. Dalam pertemuan secara terpisah antara dua kelompok pemuda tersebut, berkembang penyampaian usul, saran dan pendapat untuk pelaksanaan rekonsiliasi damai antara kedua belah pihak.

Wawali Tual & Sekda Hadiri Perdamaian Keluarga Kasus Wearhir

Ikut menyaksikan penandatanganan ikrar perdamaian antara dua kelompok pemuda, Kapolsek Kei Kecil  IPTU P. Reyaan, Wakapolsek Kei Kecil IPDA W. Pelmelay dan Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Malra, K. Rahayaan, S.Sos.

Kegiatan ini berakhir pukul 19.30 WIT, dalam suasana aman dan penuh kekeluargaan. Program ini akan terus digalakan Kapolres Malra bersama para tokoh agama, adat dan masyarakat bagi kelompok masyarakat  lainya yang sering bertikai, demi menjaga kamtibmas secara bersama.

( Pewarta : Oce Leisubun )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: