fbpx
Nikmatnya Pisang Enbal Beracun Asal Kepulauan Kei

Nikmatnya Pisang Enbal Beracun Asal Kepulauan Kei

58 / 100

Tual News – Kepulauan Kei tak hanya d kenal sebagai Wisata terbaik di Indonesia, namun meliki kuliner yang khas dapat menggugah selerah setiap pelancong yang datang di kei

Menariknya kuliner ini terbuat dari pisang dan Enbal yang menjadi primadona setiap pengunjung untuk mencicipinya.

Pisang goreng yang di baluri dengan tepong enbal yang terbuat dari kitela pohon atau orang setempat menyebutnya embal.

Pisang goreng khas ini diolah menggunakan pisang sepatu sejenis pisang lokal berusia 40 hari yang belum terlalu matang, dan dibaluri tepung dengan kandungan racun sianida nan mematikan.

Namun tenang, ketika disajikan, pisang goreng enbal sudah aman untuk dikonsumsi sebab kandungan sianida di dalam tepungnya telah dihilangkan.

Masyarakat setempat menyebut tepung bersianida itu sebagai tepung embal.

Tepung ini diracik dari parutan umbi singkong yang diayak, direndam lantas diperas untuk disingkirkan racun nya.

Racun sianida berwarna biru itu disingkirkan hingga benar-benar hilang dari perasan umbi singkong, lantas menjelma tepung layak pakai.

Setelahnya, tepung dijemur dan siap digunakan. Tepung enbal yang siap pakai, selanjutnya digunakan untuk membaluri pisang sepatu yang digoreng.

Pisang goreng dengan rasa yang istimewa ini kian sempurna ditemani sambal pedas khas Pulau Kei yang terbuat dari olahan cabai, tomat, bawang merah, perasan jeruk dan terasi dobu.

Untuk merasakan sensasi kelezatannya, sangat disarankan menyantap camilan ini bersama segelas kopi maupun teh. Duh..siap jadi teman berbuka nih sepertinya. Ayo datang di Kepulauan Kei, nikmati pisang enbal beracun.

( Laporan : Risman Serang )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page