fbpx

KRI Bima Suci 945 Tiba di Kota Tual Dijemput Secara Adat Kei

15 / 100

Tual News – KRI Bima Suci – 945 secara resmi telah sandar di Dermaga Pangkalan TNI AL Tual, selasa ( 16/8/2022) pukul 09.00 WIT.

Media Tual News melaporkan, kedatangan KRI Bima Suci – 945 dijemput secara adat Kei oleh Raja Tual, Djafar Tamher.

KRI Bima Suci - 945 ketika sandar di dermaga Lanal Tual selasa 16 agustus 2022
KRI Bima Suci – 945 ketika sandar di dermaga Lanal Tual selasa 16 agustus 2022

Raja Tual lewat upacara adat Kei yang dikenal dengan sebutan Rinin, dalam doa adat meminta para leluhur evav untuk selalu menyertai perjalanan KRI Bima Suci beserta pada awaknya selama berada di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Upacara adat Kei, Rinin oleh Raja Tual dalam menyambut kedatangan KRI Bima Suci - 945 di dermaga Lanal Tual
Upacara adat Kei, Rinin oleh Raja Tual dalam menyambut kedatangan KRI Bima Suci – 945 di dermaga Lanal Tual

Upacara adat Kei,  Rinin oleh Raja Tual dengan siraman air kelapa, sebagai bukti penyertaan para leluhur Kei kepada KRI Bima Suci -945.

Usai upacara adat penjemputan, Komandan KRI Bima Suci – 945 beserta rombongan mendapat kalungan bunga dari Bupati Malra, Hi. M Thaher Hanubun, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, dan Raja Tual.

IMG 20220816 WA0013

Rombong KRI Bima Suci – 945 juga disambut dengan tarian adat Kei sebagai bentuk penghormatan dari anak -anak binaan Lanal Tual.

Komandan KRI – 945, Letkol Laut ( P) M. Sati Lubis, ST, M.Sc CHRMP, mengaku kedatangan KRI Bima Suci – 945 di Kota Tual sudah tiga kali.

Kata Lubis, selaku Komandan Satgas Kartika Jalan Krida Taruna Akademi Angkatan Laut III, Angkatan 69 mengaku perjalanan KRI Bima Suci selama 91 hari baru tiba di Kota Tual.

Wawali Tual dan Bupati Malra menyambut kedatangan KRI Bima Suci - 945 di Dermaga Lanal Tual
Wawali Tual dan Bupati Malra menyambut kedatangan KRI Bima Suci – 945 di Dermaga Lanal Tual

” Kami laksanakan perjalanan pelayaran selama 91 hari dengan rute Jakarta – Singapura – Malaysia lalu masuk di Kota Tual, ” Ungkap Komandan KRI Bima Suci-945.

Kata Lubis, Kota Tual sebagai pelabuhan transit KRI Bima Suci untuk kembali melaksanakan perjalanan yang lebih jau menuju Australia, dan Darwin, kemudian kembali ke pulau dewata Bali, untuk selanjutnya masuk Kota Surabaya.

” selama berada di Kota Tual, kami akan turut serta memperingati HUT RI ke 77 di Kota Tual dan Kabupaten Malra, serta giat kirab kota taruna AAL, ” Terangnya.

Komandan KRI Bima Suci -945 mempersilahkan warga masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Malra datang mengunjungi KRI selama berada di Kota Tual tiga hari ini.

” Saya memberikan apresiasi, bangga dan sampaikan terimakasi atas sambutan yang sangat luar biasa, ” Salut Lubis.

Ikut menjemput kedatangan KRI Bima Suci – 945, Danlanal Tual, bersama Forkopimda Kota Tual dan Kabupaten Malra.

Usai upacara penjemputan, Bupati Malra, Wawali Tual, Ketua DPRD Kota Tual bersama Forkopimda dipersilahkan naik di KRI Bima Suci, untuk melihat secara dekat actifitas KRI serta menikmati kopi bersama diatas kapal.

( Pewarta : Neri Rahabav )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: