fbpx
Rat Ur Siw Lorlim Nobatkan  Gubernur Maluku Sebagai Anak Adat Kei Badingil Mas

Rat Ur Siw Lorlim Nobatkan Gubernur Maluku Sebagai Anak Adat Kei Badingil Mas

4 / 100

Tual News – Rat Ur Siw Lor Lim Kepulauan Kei, Sabtu ( 24/9/2022) bertempat di rumah kediaman Raja Tual atau Rat Tuvle dalam rapat bersama memutuskan memberikan gelar adat Kei Badingil Mas kepada Gubernur Maluku, Drs Murad Ismail dan gelar adat Nen Dit kepada Ibu Widya Pratiwi Murad.

Acara pemberian gelar adat yang berlangsung di kediaman Raja Tual, dihadiri sedikitnya sepuluh Rat Ur Siw Lorlim Kepulauan Kei.

 

Raja Faan, Patrick Renwarin dalam membacakan surat keputusan Para Raja Ur Siw Lorlim mengaku surat keputusan nomor sepuluh yang ditandatangani para Raja memutuskan memberikan gelar adat Badingil Mas kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail dan gelar adat Nen Dit kepada Ibu Widya Pratiwi Murad Ismail sesuai permintaan Walikota Tual yang diputuskan dalam rapat Para Raja dirumah Raja Faan, tanggal 11 september 2022.

” Setelah itu pada hari ini sabtu, kami anugerahkan gelar adat Badingil Mas kepada Bapak Murad Ismail dan gelar adat Nen Dit kepada Ibu Widya Murad Ismail, sebab selama ini sudah cukup banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kota Tual, ” Ungkap Raja Faan.

Kata Sekretaris Dewan Adat Kei ini fakta membuktikan kalau sudah banyak perubahan yang dirasakan masyarakat dan Pemkot Tual saat ini.

Usai pembacaan surat keputusan Para Raja di Kei, selanjutnya Gubernur Maluku, Murad Ismail mendapat pengukuhan secara adat Kei, dengan penyematan mas adat Kei ditangan Gubernur oleh Raja Tual, Djafar Tamher dan pemasangan topi adat serta shyal tenun Kei.

Ibu Widya Pratiwi Murad Ismail juga dikukuhkan sebagai Nen Dit Kei dengan penyematan gelang adat dan shyal adat Kei oleh Raja Dullah, B. Renuat.

Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag dalam amanatnya mengaku dengan pemberian gelar adat Kei Badingil Mas kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail memiliki makna kalau sebagai pemimpin terdepan, saat ini beliau tidak sendiri, sebab ditopang oleh semua warga Kota Tual dari belakang.

” Beliau jadi nahkoda atau Co pilot untuk bersama sama dengan kita memimpin Maluku ke depan, ” Ujarnya dalam sambutan singkat usai pengukuhan adat Kei Gubernur Maluku sebagai putra adat Badingil Mas dan Ibu Widya Pratiwi Murad Ismail sebagai Nen Dit atau Tokoh perempuan yang menjadi panutan semua kaum wanita.

( Pewarta: Neri Rahabav)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page