PT Ambon Terima Banding Terdakwa Safi Tiga Tahun Penjara

Ilustrasi bnn salah tembak korban

Ambon, Tual News –Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Ambon, dalam pembacaan putusan PT Ambon, Nomor 134/PID.SUS/2022/PT AMB, tanggal 16 Januari 2023 menerima memori banding dari Penasehat Hukum Terdakwa, Rahmad Syafei Thaha alias Safi dalam perkara pidana khusus narkotika dan psikotropika.

Berdasarkan data dan himpunan informasi yang dihimpun tualnews.com, dari website Pengadilan Tinggi Ambon, menyebutkan dalam pembacaan amar putusan tersebut, turut hadir terbanding / penuntut umum I,II, dan III masing – masing, Rozali Afifudin, S.H, Ahmad Latupono, S.H dan Hubertus Tanate, S.H.

Perkara ini terigsiter di PT Ambon, tanggal 8 Desember 2022, dipimpin langsung Hakim Ketua, Parnaehan Silitonga, dan Hakim Anggota masing – masing, Tarigan Muda Limbong, dan Brnazar Effriandi, dengan Panitera Dauglas M. Talahatu, S.sos.

Dalam catatan amar putusan Majelis Hakim PT Ambon, menyatakan mengadili dan menerima permintaan banding dari Penasihat Hukum Terdakwa.

Memperbaiki Putusan Pengadilan Negeri Ambon Nomor 348/Pid.Sus/2022/PN Amb, tanggal 17 November 2022, sekedar mengenai pidana yang dijatuhkan kepada Terdakwa sehingga amarnya berbunyi sebagai berikut:

Menyatakan Terdakwa RAHMAD SYAFEI THAHA alias SAFI tersebut diatas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Tanpa hak mengusai Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman? sebagaimana dalam dakwaan Alternatif Kedua Penuntut Umum;

Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa tersebut diatas dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun serta denda sebesar Rp800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 2 (dua) bulan;

Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
Menetapkan Terdakwa tetap berada dalam tahanan;

Menetapkan agar barang bukti berupa:

1 (Satu ) paket butiran Kristal bening di duga narkotika golongan 1 bukan tanaman jenis sabu, di kemas menggunkan plastik klem bening ukuran kecil dengan berat total 0,85 gram
1 (satu) buah korek APi warna kuning
1(satu) Buah Flasdisk berisi rekaman percakan antara Rahmad Syafei Thaha dirampas untuk dimusnahkan;
1(satu) Buah Hp merek Oppo warn abiru putih dikembalikan kepada saksi Roland Wattimena.

Membebankan biaya perkara kepada Terdakwa dalam dua tingkat Pengadilan, yang dalam tingkat Banding sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah).

PN Ambon Vonis Terdakwa Safi Enam Tahun Penjara

Penerimaan putusan banding PT Ambon terhadap Terdakwa Rahmad Syafei Thaha alias Safi tiga tahun penjara ternyata lebih rendah dari keputusan Pengadilan Negeri Ambon, dalam perkara Nomor : 348/Pidsus/2022/PN.Ambon, tanggal 17 November 2022 di PN Ambon, dimana Majelis Hakim PN Ambon memvonis terdakwa Safi pidana penjara enam tahun, denda 800 juta, subsider kurungan ( 2 bulan ).

( Pewarta : Neri Rahabav )