Kapolda Maluku Akan Renovasi Monumen Pahlawan Karel Sadsuitubun Untuk Wisata Pendidikan

Img 20230204 wa0015

Tual News – Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif S.H M.H menegaskan dirinya akan segera merenovasi Monumen Pahlawan Karel Sadsuitubun di Ohoi Rumadian, Kabupaten Maluku Tenggara untuk dijadikan wisata budaya edukasi pendidikan masyarakat.

Penegasan ini disampaikan Kapolda Maluku ketika menyambangi Monumen Karel Sadsuitubun di Ohoi Rumadian, sabtu ( 4/2/2023) pukul 09.30 WIT kepada wartawan.

Kapolda maluku sambangi monumen pahlawan karel sadsuitubun di ohoi rumadian, sabtu 4 februari 2023

” Karel Satsuitubun adalah pahlawan revolusi, dan kebetulan beliau dari Polri, jadi untuk melestarikan perjuangan beliau, serta sudah beberapah tempat ada nama Karel Sadsuitubun yakni Bandara Ibra di Langgur, lalu ada kapal perang KRI Karel Sadsuitubun, sehingga kami melihat disini tempat beliau tumbuh besar, saya lihat dibelakang ada monumen yang dibuat masyarakat, sehingga perlu kami sempurnakan lagi, ” Ungkap Kapolda Maluku.

Kapolda mengaku sudah menjadi komitmen Polda Maluku untuk sempurnakan dan membuat monumen Pahlawan Karel Sadsuitubun yang lebih representatif.

” Kami berharap setelah disempurnakan monumen Karel Sadsuitubun, akan jadi sarana edukasi sebetulnya bagi pendidikan anak – anak dan masyarakat, ” Terangnya.

Kapolda Maluku berharap dengan penyempurnaan monumen pahlawan Karel Sadsuitubun di Ohoi Rumadian oleh Polda Maluku akan memberikan nilai dan dampak bagi masyarakat luas.

Ikut dalam rombongan Kapolda Maluku menyambangi makam monumen Pahlawan Karel Sadsuitubun di Ohoi Rumadian, Kabinda Maluku, Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Kari Ops Polda Maluku, KBP Asep Saepudin, Dansat Brimob Polda Maluku, KBP Dostan Siregar S.I.K, Dir Intel Polda Maluku, KBP I. Gede Arsana, S.H S.I.K dan Kabid Humas Polda Maluku, KBP Roem Ohoirat.

Kedatangan rombongan Kapolda Maluku di Ohoi Rumadian, disambut dengan upacara adat Kei dan tarian penyembuhan setiap tamu yang datang di kampung Pahlawan Karel Sadsuitubun tersebut.

Kapolda Maluku dari Ohoi Rumadian langsung menuju Bandara Karel Sadsuitubun Ibra untuk berangkat menuju Kota Ambon, pukul 11.30 WIT