TNI – Polri Berhasil Kendalikan Kamtibmas di Tual, Pasca Bentrok Antar Warga

Img 20230201 wa0029

Tual News – Aparat gabungan TNI – Polri di Kota Tual, Provinsi Maluku, rabu ( 01 /2/2023) sekitar pukul 11.00 WIT siang ini sudah berhasil mengendalikan situasi kamtibmas, pasca bentrok antara dua kelompok warga di Kota Tual, selasa malam ( 31 /1/2023 ) pukul 22.00 WIT.

Media Tual News melaporkan dari TKP, Kapolres Tual , AKBP Prayudha Widiatmoko S.I.K bersama Brimob dan TNI sejak selasa malam hingga rabu pagi harus bekerja ekstra membubarkan massa dua kelompok warga yang bertikai.

Hingga rabu pagi, sedikitnya empat titik kumpul dua kelompok warga yang terlibat konflik.

Kapolres Tual dalam arahanya kepada aparat kepolisian meminta polisi bertindak persuasif.

Kapolres Tual langsung memimpin pasukan bersama Wakapolres Tual turun langsung TKP dengan mobil polisi dan senjata lengkap memukul mundur sekelompok massa yang berkumpul didepan Kantor Dinas Pendidikan Kota Tual.

Selanjutnya sekelompok massa warga didepan pendopo Walikota Tual dan sekelompok massa yang berada di pertigaan depan Kantor DPRD Kota Tual juga dibubarkan, termasuk Kabag Ops Polres Tual, Arsad Rengur memimpin pasukan membubarkan massa yang berkumpul di BTN Kota Tual.

Sejak pertikaian antar warga yang terjadi selasa malam, sedikitnya puluhan rumah terbakar dan rusak, belum lagi beberapah warga dan anggota polisi luka -luka terkena panah wayer.

Hingga saat ini actifitas Kantor Walikota Tual dan perdagangan lumpuh total. Para ASN tidak berani masuk kantor, para pedagang kios dan tokoh di areal TKP menutup tempat usaha, akibat konflik antar dua kelompok warga tersebut.

Situasi kamtibmas di Kota Tual saat ini berangsur normal dan kondusif, namun aparat gabungan masih berjaga – jaga di TKP dengan peralatan senjata lengkap.

Hingga berita ini diturunkan BelumĀ  diketahui data korban luka – luka dan anggota polisi yang terluka dalam konflik yang terjadi antara dua kelompok warga, namun siang ini para tokoh agama, adat, dam pemerintah akan menggelar rapat bersama Forkopimda untuk segera mengambil langkah penyelesaian.