Pemkab Buru Resmikan Rumah Bagi ASN

Img 20230317 wa0023

Namlea, Tual News – Penjabat Bupati Buru, Dr. Djalaludin Salampessy, M.Si., jumat petang ( 17 /3/2023) meresmikan 30 unit rumah type 36 yang dibagun untuk para Aparat Sipil Negara (ASN) Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Peresmian rumah untuk ASN oleh Penjabat  Bupati Buru, dilaksanakan di Jiku Besar, Desa Namlea, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Dalam Rilis Pers yang diterima media ini, Salampessy, mengaku Pemkab Buru hanya mampu menyediakan bangunan rumah dengan sarana prasarana (sarpras) terbatas.

” Dalam posisi itu, diharapkan para calon penghuni mengkoordinasikan terkait permasalahan air minum, ” Pintahnya.

Penjabat Bupati Buru berharap Kepala Dinas Kawasan Pemukiman, agar segera melakukan koordinasi dengan Kepala PDAM Buru.

“Hari ini setelah peresmian, besok sudah bisa mengajukan permohonan untuk sambungan air,” Pintah Penjabat Bupati Buru.

Pada kesempatan tersebut, dia meminta agar kawasan ini menjadi percontohan, dalam kehidupan yang saling mendukung, dan mengasihi dengan tetangga, serta lingkungan sekitar.

” Kawasan ini harus ditata sedemikian rupa, sehingga memberikan kenyamanan dan kesejukan, sehingga siapapun yang datang ke sini, akan mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada, ” Harapnya.

Menurut Salampessy, impian semua orang dalam mengisi sebuah rumah, ibarat pepatah “ Rumahku Surgaku. Tetanggaku Idolaku “

” Jadi, harus saling mengidolakan, bukan berarti kemudian diterjemahkan sebagai sesuatu yang terbalik,” ujarnya.

Penjabat Bupati Buru juga menegaskan, jika kawasan itu tercipta, akan menjadi contoh di wilayah- wilayah pemukinan lainnya.

” Maka konsep besarnya adalah, kabupatenku, Surgaku. Ini yang harus
menjadi pemikiran bersama, ” Katanya.

Kepada seluruh calon penghuni, Penjabat Bupati Buru menghimbau agar  mulai beraktivitas dan bisa menyesuaikan dengan ketentuan yang ada.

“Aspek pertamanan, keindahan, dan sarpras untuk pemukiman harus bisa dijaga,” tutur pak Jal, sapaan akrab Penjabat Bupati Buru.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buru Ir. Atika Wael, MT, mengatakan, perumahan untuk ASN Pemkab Buru, dibangun di dua lokasi.

” Di Desa Namlea dibangun diatas lahan seluas satu hektare sebanyak 20 unit, dan di Desa Ubung seluas 0,5 hektare, sebanyak 10 unit dengan type 36, ” Ungkapnya.

Kata Kadis PUPR Buru, rumah ASN dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkab Buru tahun 2022.

” Agar mengurangi beban ASN di Kabupaten Buru, setiap ASN yang mendapatkan perumahan ini dengan cara diundi, setiap bulan hanya membayar Rp 150 ribu, ” Terang Wael.

Kata dia, langkah ini ditempuh Pemkab Buru, agar dapat mengurangi biaya kos-kosan atau kontrak rumah bagi ASN, sehingga ekonomi bisa tumbuh secara individu maupun keluarga.