Hijaukan NKRI, BI Tanam Mangrove di Tujuh Wilayah

Img 20230913 wa0009

Tual News – Lindungi Hutan berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) peringati hari ulang tahun yang ke-70 pada 1 Juli lalu dengan penanaman mangrove di 7 lokasi, yang dirayakan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu,.

Pelaksanaan penanaman 1.000 pohon mangrove, berlangsung 14 Juli 2023.

Menurut Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BI ini menjadi penting untuk dimaknai karena, menjadi bentuk re-komitmen atau sebagai pengingat keberadaan BI selalu memberi makna bagi bangsa dan negara.

” Kampanye perayaan HUT Bank Indonesia ke-70 yang mengangkat tema “Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Memperkuat Transformasi BI bagi Kemajuan Negeri”, menjadi bukti nyata komitmen ESG BI baik melalui kegiatan internal pegawai maupun kolaborasi dengan pihak eksternal yang fokus pada aspek sosial dan lingkungan, “Ungkapnya dalam Rilis Pers yang diterima tualnews.com.

Perry mengaku, BI memilih lima lokasi pesisir Indonesia bukan tanpa alasan, mengingat lokasi tersebut terletak di kawasan pesisir mulai dari Pulau Pari, Pesisir Belitung, Pesisir Trimulyo, Pesisir Untia, hingga Teluk Benoa yang rentan terhadap ancaman abrasi.

” Selain itu, penanaman juga dilakukan di Gunung Sawur, karena memang rentan akan ancaman tanah longsor, ” Ujarnya.

Direktur BI menegaskan, penanaman Mangrove dan Pohon Alpukat memiliki sistem pengakaran yang kuat, dapat menjadi jawaban atas kedua permasalahan tersebut.

” Sedangkan untuk lokasi terkahir yakni Taman Nasional Way Kambas dengan penanaman pohon endemik. Selain untuk koservasi dan edukasi, pohon tersebut bermanfaat untuk meningkatkan ekosistem hutan, ” Jelas Perry.

Upacara penanaman bersama Perwakilan Pegawai Bank Indonesia, dilaksanakan melalui aksi penanaman di Pulau Pari melibatkan beberapa perwakilan dari pihak internal Bank Indonesia bersama kelompok tani setempat serta tim Lindungi Hutan.

Acara penanaman dimulai pada pukul 10 pagi, diikuti sebanyak 10 orang.

Animo peserta tampil baik sepanjang kegiatan, terlihat dari semangat para peserta yang antusias menanam pohon bersama Mitra Petani.

” Pengalaman ini sekaligus menjadi yang pertama bagi internal Bank Indonesia yang mau terlibat langsung berkontribusi dalam aksi pelestarian lingkungan, ” Terang Perry.

Upacara penanaman oleh Perwakilan Bank Indonesia, berkolaborasi bersama Perwakilan Petani dari Forum Peduli Pari, selain menjadi momen perayaan hari ulang tahun Bank Indonesia, program penghijauan yang diinisiasi seluruh karyawan Bank Indonesia itu merupakan bentuk penghematan terhadap prinsip “Aku Bangga BI Bermakna”.

Sama halnya dengan Aksi Hijau yang berkontribusi terhadap 7 dari total 13 pilar SDGs. Mulai dari peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat hingga dukungan terhadap aksi iklim dan peningkatan fungsi ekosistem darat.

Ida Farida selaku Asisten Direktur Bank Indonesia (kanan) bersama Teh Aas sebagai Perwakilan Forum Peduli Pari, berharap dengan hadirnya Bank Indonesia, semoga bisa berperan serta dalam melestarikan lingkungan di Pulau Pari melalui penanaman pohon mangrove.

” Kami sudah memprogramkan program sedekah pohon yang diikuti para pegawai Bank Indonesia. Semoga sedekah pohon ini memberikan makna bagi Indonesia sebagaimana tagline kami ‘Aku Bangga, BI Bermakna'” , Tutur Deputi Direktur Bank Indonesia, Nasrullah.

Penyerahan Bibit Mangrove oleh Deputi Direktur Bank Indonesia, Nasrullah dan Asisten Direktur Ida Farida, kepada Edy Hafiz selaku Ketua Kelompok Forum Peduli Pulau Pari dan Teh Aas Perwakilan Ibu Tani patut diapresiasi bersama.

” Aksi dan kolaborasi semacam ini penting sebagai perubahan terhadap penurunan emisi Indonesia dan dukungan atas target kontribusi nasional atau NDC Indonesia, ” Harapnya.

Chief Executive Officer LindungiHutan, Miftachur (Ben) Robani,  mengharapkan akan ada banyak pihak lain yang mau mengikuti jejak Bank Indonesia untuk bersama menghijaukan Indonesia .