Kinerja KPU Malra Tak Profesional, Segel Sampul Surat Suara Terbuka Sebelum Pencoblosan

Img 20240218 wa00001

Tual News – Kinerja KPU Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku tidak profesional, terbukti pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu tanggal 14 Februari 2024 di salah satu TPS di Kabupaten Malra, segel sampul surat suara terbuka, saat petugas KPPS mengeluarkan sampul dalam kotak suara.

Kejadian ini terjadi di TPS 01 Ohoi Marfun, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, 14 Februari 2024.
.
Pantaun media ini, pada saat pembukaan peti suara didepan para saksi parpol dan masyarakat, petugas KPPS Ohoi Marfun menemukan segel sampul surat suara untuk DPRD Provinsi Maluku terbuka. Sedangkan segel sampul surat suara Capres – Cawapres, DPR RI, DPD dan DPRD Kabupaten masih tertutup.

Hal ini sempat terjadi keributan dan perdebatan soal aturan Pemilu oleh masyarakat, namun setelah diteliti kembali jumlah kertas surat suara DPRD Provinsi Maluku sebanyak 123 lembar pada segel sampul surat  suara yang terbuka, sebelum digelar pencoblosan, semua kertas suara utuh dan  belum tercoblos.

Patut diduga atas kesepakatan bersama saksi parpol dan panwas TPS, akhirnya dilaksanakan pemungutan suara.

Atas kejadian ini, Bawaslu Provinsi Maluku sudah mengetahui dan menginstruksikan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Maluku Tenggara melakukan investigasi atas segel sampul surat suara DPRD Provinsi Maluku yang sudah terbuka, sebelum digelar pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 di TPS 01 Ohoi Marfun.

Untuk diketahui, sesuai hasil C1 hasil,  untuk pemilihan Capres dan Cawapres, Prabowo- Gibran meraih 50 suara, Ganjar – Mahmud 50 suara dan Anies – Muhaimin memperoleh 3 suara.

Jumlah pemilih TPS 01 Marfun sesuai DPT ditambah cadangan 2 % sebanyak 123.

Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih sesuai surat undangan 103 pemilih, rincianya laki – laki 54, perempuan 49, termasuk didalam pemilih DPHTB 2 pemilih.

Sedangkan untuk DPR RI, Caleg PAN, Widya Pratiwi 23 suara, Herman A. Koedoeboen dari PDI – perjuangan 25 suara, dan Ir. Anderias Rentanubun, dari Nasdem 20 suara.

Sisanya, terbagi untuk caleg PKS Sadiah Ulluputy 3 suara, Amir Rumra PKS 6 suara. Selanjutnya Ir. Abdullah Tuasikal Nasdem 6 suara, Rosita Usman Nasdem 3 suara, Hendrik Leiwarisa dari Gerindra 1 suara serta Demokrat 1 suara untuk Mikhael Wattimena, PKN 1 suara, Caleg DPR RI asal PSI nomor satu 5 suara.

Patut diduga dalam pelaksanaan pemungutan suara, panwas dan KPPS ikut  mendampingi warga hingga masuk melakukan pencoblosan didalam TPS.