Arus Pemudik ke Maluku Meningkat, Kapolda: Selamat Idul Fitri 1445 H

Img 20240312 wa0004 1 scaled

Ambon, Tual News- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum mengungkapkan arus pemudik yang masuk ke Maluku mengalami peningkatan.

Menurut Kapolda,  peningkatan pemudik yang datang ke Maluku pertanda baik karena dengan sendirinya pertumbuhan ekonomi akan mengalami peningkatan.

“Hasil pengecekan dan monitoring data arus pemudik ke Maluku meningkat. Ini sangat baik,  karena berarti perekonomian tumbuh dengan baik, aktivitas masyarakat meningkat dan Maluku dirasakan aman dan nyaman oleh masyarakat,” kata Kapolda di Ambon, Selasa (9/4/2024).

Ia mengatakan, situasi dan kondisi tersebut harus dijaga bersama, karena ini juga merupakan momentum yang baik kepada masyarakat luar kalau Maluku semakin baik dengan keramah tamahan masyarakatnya.

“Saya menyampaikan selamat lebaran dan selamat liburan. Saya juga menitipkan agar semua pihak menjaga kerukunan dan meningkatkan silaturahmi antar sesama serta bersama menjaga kamtibmas yang aman dan damai,” pintanya.

Dikatakan, beberapa kejadian menonjol yang terjadi di Maluku karena adanya eforia kegiatan masyarakat yang berlebihan hingga akhirnya mengganggu kamtibmas

“Seperti pesta di kampung yang menggunakan miras atau hiburan yang akhirnya malah terjadi perselisihan dan gangguan kamtibmas,” ungkap orang nomor 1 Polda Maluku ini.

Kapolda berpesan kepada masyarakat Maluku, khususnya para pemuda agar dapat menyudahi mental yang sering bertikai antar sesama.

” Kebiasaan tersebut akan sangat merugikan dan membuat kesan bahwa Maluku tidak pernah berubah dari dulu yang dikenal hanya karena sering terjadi perselisihan dan pertikaian antar sesama,” ajaknya.