Kategori
Maluku Tenggara

Dua Pahlawan Pendidikan Malra Wakili Maluku di Istana Negara

Langgur Tual News – Prestasi membanggakan dunia Pendidikan di Kabupaten Maluku Tenggara semakin bersinar terang, buktinya dua Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, yakni  Kepalah Sekolah SMK dan Seorang  Guru  di Bumi Larvul Ngabal terpilih mewakili Propinsi Maluku, untuk menghadiri dan mengikuti Upacara HUT RI ke 74 besama Presiden RI, Ir. Joko Widodo di Istana Negara, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Dua Pahlawan Pendidikan Malra wakili Maluku di Istana Negara Pada HUT RI ke 74, 17 Agustus 2019

Dua Pahlawan Pendidikan  yang dinilai terbaik untuk mewakili Propinsi  Maluku, masing – masing, Kepala Sekolah SMK Teknologi Azzahra Mastur, Kecamatan Kei Kecil Timur, Ali Hanafi Reliubun, S.Pd  dan Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 2 Kei Kecil, Yandri Soeyono, S.Si, M.Pd.

Kepala Sekolah SMK Teknologi Azzahra Mastur, Kecamatan Kei Kecil Timur, Ali Hanafi Reliubun, S.Pd kepada tualnews.com, mengaku dirinya terpilih dari puluhan Kepsek SMK di 10 kab/ kota Maluku yang mengikutii seleksi,  karena ada penilaian tersendiri dari Dewan Juri Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku. “

“ Walaupun dari sarana dan prasarana,  SMK Azzahra Mastur masih minim dan belum memadai, namun penilaian dewan Juri sebagai team seleksi para Kepsek SMK di Maluku memberikan penilaian tersendiri atas kehadiran SMK Asarah Mastur yang mampu menerobos tantangan dunia pendidikan dengan membuka bidang kejuruaan khusus yakni tekhnik komputer dan jaringan ( TKJ ),  Saya dinilai berhasil mengangkat best praktis tentang kondisi pendidikan yang ada di Kecamatan Kei Keci Timur dan Kei Kecil Timur Selatan yang menghadirkan sekolah sebagai jawaban keresahan masyarakat di daerah guna memenuhi kebutuhan anak bangsa di massa datang “ Tandas Reliubun.

Kepsek berprestasi di Maluku ini, menjelaskan dengan kondisi sarana dan prasara pendidikan SMK Azzahra  yang minim, fasilitasi belum memadai, peralatan seadanya, namun dengan semangat, loyalitas, dan dedikasi tinggi serta rasa kecintaan membangun pendidikan anak – anak di Jasirah Timur, maka sekolah Kejuruan yang dipimpinya telah berhasil selama tiga tahun berturut – turut mengikuti USBN dan UNBK berbasis offline dan android.

“ Walaupun penuh keterbatasan dan kekurangan, namun semangat dan daya juang mendidik anak – anak tidak pernah kendor, saat ini semua akifitas dan keseharian sekolah SMK Azzahra, siswa/i kami mampu membuat  dan mengemas  dalam bentuk video lalu diekspose melalui internet dan website sekolah “ Ungkap Reliubun yang sudah mengabdi selama 16 tahun sebagai Guru.

Diakui, penilaian dewan juri Propinsi Maluku pada seleski para Kepsek SMK Propinsi Maluku, dirinya bersama para guru di SMK Asarah Mastur mampu menghadirkan sesuatu yang tidak bisa diduga sebelumnya dan nyata dilaksanakan yakni menghadirkanJurusan Tekhnik Komputer dan Jaringan ( TKJ ) yang berjalan seirama dengan lembaga sekolah  lainya yang memiliki fasilitas memadai.

Sementara  Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 2 Kei Kecil, Yandri Soeyono, S.Si, M.Pd. kepada tualnews.com mengakui dirinya terpilih mewakili Maluku, sebagai Guru terbaik tingkat SMA di Propinsi Maluku, karena dinilai berhasil dalam best praktis dan porto folio dalam proses belajar  – mengajar di sekolah.

“ Saya dinilai berhasil membuat inovasi pembelajaran yang unik dan berbeda dengan para Guru SMA lainya di Propinsi Maluku, sehingga mendapat point tertinggi dari hasil seleksi Guru tingkat SMA Propinsi Maluku “ ungkap Guru Yandri.

Penilaian Dewan Juri, Soeyono terpilih sebagai Guru Terbaik mewakili Propinsi Maluku, karena mampu menampilkan inovasi pembelajaran di kelas yang memiliki nilai orisinil dan sangat bermanfaat bagi para siswa/I dalam proses belajar – mengajar di Kelas.

Selain itu,  dari segi porto folio, Guru Mata Pelajaran Matematika di SMA N 2 Kei Kecil yang bergelar S2 tersebut banyak mengikuti kegiatan pelatihan Guru baik di tingkat Nasional dan Internasional.

“ Awal Maret  2019 lalu, saya satu – satunya Guru di Maluku yang  dikirim Kemendikbud RI ke Korea selama tiga minggu untuk belajar disana, ini mungkin yang jadi entry point bagi saya “ ujarnya.

Kedua Guru Terbaik di Propinsi Maluku, asal Kabupaten Maluku Tenggara, saat ini sudah berada di Jakarta untuk mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Istana Negara, Sabtu, 17 Agustus 2019. ( team tualnews.com )  

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya