Warga Ohoi Dudunwahan Malra Alami Krisis Air Bersih

Langgur Tual News – Warga Desa / Ohoi Dudunwahan Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, selama ini mengalami krisis air bersih. Untuk memperoleh air bersih warga masyarakat nekad membeli air bersih dari Kota Langgur.

Demikan hasil reses Anggota DPRD Kabupaten Malra, Thomas Ulukyanan, SH dalam pertemuan dengan anggota konstituent masyarakat Dudunwahan minggu lalu.

Wawancara tualnews.com bersama Anggota DPRD Kabupaten Malra, Thomas Ulukyanan, SH

“ Hasil reses saya di beberapah Ohoi, termasuk di Dudunwahan, masyarakat kesulitan air bersih, untuk memperoleh air bersih dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari, warga rela membeli air dari Kota Langgur yang dijual satu blong air seharga Rp 20.000,- “ Ungkap Ulukyanan kepada tualnews.com.

Menurut Anggota DPRD Malra dari Partai Demokrat itu, air adalah kebutuhan utama masyarakat, sehingga persoalan ini harus menjadi tanggungjawab bersama Eksekutif dan Legislatif.

“ Saya sebagai wakil rakyat ikut prihatin dan bertanya mengapa kebutuhan utama masyarakat Dudunwahan dengan jumlah penduduk yang begitu padat, belum ditangani secara serius Pemerintah ? “ Sesalnya.

Petugas DInas PUPR Kabupaten Maluku Tenggara, senin ( 6/01/2020 ) berhasil memperbaiki fasilitas air bersih di Desa Ohoinol, Kecamatan Kei Kecil Timur. Saat ini masyarakat dapat menikmati air bersih

Sementara itu hasil reses di Kelurahan Ohoijang – Watdek, kata Ulukyanan, masyarakat mengeluhkan status dua kelurahan, sebab sejak diusulkan tahun 2016, belum ada penetapan nomor registrasi dari pemerintah pusat.

“ hal ini akhirnya berdampak kepada masyarakat di dua kelurahan tersebut, karena hak mereka belum diakmodir baik lewat dana APBD maupun APBN “ ungkapnya.

Politisi Demokrat itu minta Pemkab Malra agar menata kembali kawasan Ohoijang – Watdek yang selama ini dikenal sebagai kawasan kumuh menjadi kawasan wisata permainan anak – anak, sebab aspirasi masyarakat dikawasan itu minta Pemkab Malra membangun talud pengaman pantai sepanjang pantai Savsiu Ohoijang – Watdek. “ kalau konstituent saya di Perumnas, mereka minta bantuan sarana penangkapan ikan “ ujarnya. ( team tualnews )

Leave a Reply