Aliansi Rakyat Anti Korupsi Desa Larat Demo Inspektorat, DPRD dan Kejaksaan

Tual News – Aliansi Masyarakat Ohoi Larat, Anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ), Senin ( 06/07/2020 ) melaksanakan aksi demontrasi di Kantor Inspektorat Kabupaten Malra, Kantor DPRD Malra dan Kejaksaan Negeri Tual.

Aksi demo damai warga Desa Larat, Kecamatan Kei Besar Selatan di Kantor Inspektorat, karena mereka meragukan hasil audit Inspektorat Malra terkait tata kelola atau penggunaan Dana Desa di Ohoi Larat tahun 2019, karena bagi mereka terkesan Inspektorat melindungi Kades Larat beserta perangkat Desa.

“ Hal ini dibuktikan dengan uji petik Inspektorat tanggal 06 Juni 2020 di Ohoi Larat, karena disinyalir tak sesuai Peraturan Mendagri Nomor 07 tahun 2008 “ Tegas Koordinator aksi demo, Nanang Somar, SH, dalam membacakan pernyataan sikap di Kantor Inspektorat Malra.

Somar dalam membacakan delapan pernyataan sikap warga, meminta Inspektorat untuk menangguhkan atau menghentikan sementara proses pencairan dana desa,khusus di Ohoi Larat.

“ Karena tidak ada transparansi dan keterbukaan pengelolaan dana desa, maka kami mohon kiranya pihak terkait melakukan audit khusus dana desa Ohoi Larat “ Pintahnya.

Lapor Dugaan KKN Dana Desa, Warga Larat Datangi Kejari Tual

Koordinator aksi demo, usai membacakan pernyataan sikap, kemudian diserahkan secara langsung kepada Kepala Inspektur Malra, Huyur Matdoan.

Kepala Inspektorat Kabupaten Malra, Huyur Matdoan, kepada para pendemo warga Desa Larat, mengaku dirinya telah menerima aspirasi warga, dan akan segera menindaklanjuti untuk diproses.

Soroti Kinerja Inspektorat Malra, Warga Larat Diundang Klarifikasi

“ Saya akan bentuk tim khusus turun di Ohoi Larat, dan saya yang pimpin sendiri tim audit khusus Inspektorat. Kami minta bapak / ibu jamin keamanan selama kami turun di Desa Larat “ Ungkap Kepala Inspektur disambut warga dengan penuh kegembiraan.

Aksi demo ini kemudian dilanjutkan di Kantor DPRD Kabupaten Malra dan Kejaksaan Negeri Tual.

Tak Terbuka Soal Dana Desa, Warga Larat Palang Kantor dan Lapor Kades di Polisi & Jaksa

Di Kantor DPRD Malra, para pendemo mendesak DPRD segera membentuk pansus penanganan dana desa, agar dapat mengusut secara tuntas penggunaan dana desa di Kabupaten Malra, salah satunya di Ohoi Larat.

Polisi Diminta Tangkap Inspektorat Malra Karena Lindungi Korupsi Dana Desa

Sementara aksi yang dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Negeri Tual, para pendemo minta Kejaksaan segera mengusut tuntas proses penyidikan terkait laporan masyarakat Ohoi Larat tentang dana desa tahun anggaran 2019. ( TN )