11 Pasien Positif Covid-19 Nuhu Evav Adalah OTG, Warga Dihimbau Patuhi Protokol Kesehatan

Tual News – 11 Warga Kota Tual dan Kabupaten  Maluku Tenggara di Propinsi Maluku  yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah Orang Tanpa Gejalah ( OTG ), olehnya itu Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tual dan Kabupaten Malra menghimbau masyarakat agar jangan takut dan panik, namun harus mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah yakni pakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Lima Warga Tual Terkonfirmasi Positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, dr. Betty Subaidah dalam Konferensi Pers Senin ( 06/07/2020 ) di Aula Kantor Walikota Tual, membenarkan pasien 01,02,03,04,05,06, dan pasien 07 terkonfirmasi positif Covid-19 adalah OTG.

“ Benar, tujuh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 adalah OTG, sehingga baik saya, anda maupun siapapun dia pasti terjangkit wabah ini, olehnya itu saya himbau kepada semua masyarakat agar jangan panik, tapi harus mematuhi protokol kesehatan yaitu keluar rumah pakai masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak “ Tandas Jubir Covid-19 Kota Tual.

Hotel Anugerah Siap Tampung Lima Pasien Positif Covid-19 Kota Tual

Senada dengan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malra, dr. Ketty Notanubun, M.Kes dalam Konferensi Pers, Senin ( 06/07/2020 ), pukul 17.00 WIT di Kantor Bupati Malra juga mengakui kalau empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Malra masing – masing, Pasien 01 berinsial NAS (P) 29 tahun, pasien 02, HL (P ) 20 tahun, pasien 03 EIS (P) 44 tahun dan pasien 04, berinsial JI (P) 40 tahun adalah OTG.

“ Sampai dengan saat dirilis laporan ini tanggal 6 Juli 2020, untuk Kabupaten Malra, PDP (0 ), ODP (0) dan empat positif Covid-19 adalah Orang Tanpa Gejalah ( OTG ) “ Ungkap Notanubun dalam membacakan laporan hasil Laboratorium Dinas Kesehatan Propinsi Maluku.

Menuju New Normal, TNI – Polri di Tual Swiping Masker

Kadis Kesehatan Malra menghimbau agar dengan adanya empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Malra, masyarakat jangan panik dan takut, tapi harus lebih mawas diri.

“ Kita semua harus ikuti protokol kesehatan dengan baik, sudah saatnya gunakan masker dengan benar, tutup hidung dan mulut, lalu mari kita rajin mencuci tangan di air mengalir selama dua puluh detik pakai sabun, dan jaga jarak, terutama jangan lakukan kontak fisik “ Himbaunya.

Kadis Kesehatan : 418 Warga Tual Rapid Test, 11 Reaktif

Notanubun menjelaskan sesuai hasil evaluasi lapangan baik di perkantoran dan tempat keramaian umum, sudah banyak masyarakat menggunakan masker, namun masih banyak belum menggunakan masker dengan baik dan benar.

“ Masyarakat belum menjaga jarak dengan baik, masih ada yang lakukan sentuhan fisik, jika bertemu atau bergerak. Kami perlu ingatkan masyarakat, sebab kita tidak mengetahui orang disekitarnya, orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 terlihat sehat, namun OTG yang ada kita tidak mengetahui “ Pintah Kadis Kesehatan Malra.

Tinjau Fasilitas RSUD Maren, Kapolres Malra, Dandim dan Walikota Tual Jalani Rapid Test

Dalam laporanya, Kadis Kesehatan Malra menguraikan kalau sejak tanggal 23 Maret – 6 Juli 2020, di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur telah dirawat 10 pasien covid-19 yakni lima Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) dan lima  Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ).

“ Dari 10 pasien PDP itu, dua diantaranya PDP asal Kota Tual “ Urainya.

Dua Warga Tual Positif Covid-19 Bukan Pelaku Perjalanan

Sementara itu, kata Notanubun, pemeriksaan RDT kepada warga sampai tanggal 6 Juli 2020 sebanyak 418 orang.

“ Rincianya, kami melakukan tracing sebanyak 213 orang dan pemeriksaan RDT terhadap 205 orang pelaku perjalanan. Hasilnya 19 orang reaktif “ Ungkap Kadis Kesehatan Malra. ( TN )