PLN investasi Rp 5,8 miliar, Warga Pulau Tayando Nikmati Listrik

Walikota-tual-bersama-pln-resmi-listrik-masuk-desa-terluar-tayando-yamtel
Walikota-Tual-bersama-PLN-resmi-listrik-masuk-Desa-Terluar-Tayando-Yamtel

Tual News – PLN terus berupaya menerangi desa-desa hingga ke daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) di Indonesia. Kali ini, PLN berhasil menerangi Desa Tayando Yamtel, Kecamatan Tayando Tam yang merupakan bagian sebuah pulau berjarak 53 Km laut dari Kota Tual, Provinsi Maluku.

PLN Tual Luncurkan Aplikasi PLN Mobile

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara, dalam  rilis Pers yang diterima tualnews.com, Senin ( 23/08/2021 ),  menyebutkan untuk melistriki Desa Tayando Yamtel, PLN menyediakan tiga unit mesin generator dengan total kapasitas 600 kilowatt (kW).

“ PLN keluarkan investasi mencapai Rp 5,8 miliar, sebanyak 25 pelanggan telah menikmati listrik PLN dari total potensi 482 pelanggan yang berada di desa tersebut “ Ungkap Manager PLN Maluku dan Maluku Utara.

Dikatakan, pihaknya juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 1,71 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 4,39 kms dan tiga buah Gardu Distribusi dengan total kapasitas 150 kilo volt ampere (kVA).

Warga Tayando Kota Tual Belum Nikmati Listrik Sejak Indonesia Merdeka

“ Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan serta peran serta para pemangku kepentingan,  terlebih masyarakat di Kecamatan Tayando Tam dan Kota Tual, khususnya warga Desa Tayando Yamtel yang mendukung penuh PLN dalam menghadirkan listrik di desa tersebut “ Salut Adams.

Apresiasi juga kata dia,  disampaikan kepada masyarakat Desa Tayando Yamtel yang telah secara kooperatif membantu PLN sejak awal, membersihkan jalur yang akan dibangun jaringan listrik.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengapresiasi peran PLN.

”Kita upayakan untuk empat desa yang lain ikut menikmati Listrik dari PLN itu sendiri,” kata Rahayaan dalam peresmian listrik di desa Tayando Yamtel.

Pejabat Kepala Desa Tayando Yamtel, Ahmad Yani Sedubun,  ikut menyambut baik  upaya PLN yang telah berhasil melistriki desa yang dipimpinya.

DPRD Kota Tual Kunker ke PLN, Desa Dullah Laut dan Tayando Bakal Bersinar

“Karena ini akan berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat di sini,” katanya.

Basri Tunyanan, salah satu warga desa Tayando Yamtel mengungkapkan kebahagiaannya setelah PLN berhasil melistriki desanya.

Kata Tunyanan, dengan adanya listrik membuat aktivitas nelayan semakin lebih produktif dan kualitas tangkapan ikan pun meningkat.

“Dengan adanya listrik PLN maka kami nelayan di sini bisa mencari ikan lebih lama karena sudah ada es. Dan ikan tangkapan nelayan bisa bertahan lebih lama,” ujar Basri.

Warga Kur & Tayando Menangis Disaat DPRD Bermimpi Helikopter

Warga Desa Tayando Yamtel mengucapkan terimakasi kepada Presiden Joko widodo beserta PT.  PLN atas perhatianya untuk masyarakat yang mediami pulau – pulau terluar di Propinsi Maluku. ( TN )