WNA Myanmar Senang Jadi WNI, Diajak Ucap Pancasila

75 / 100

Tual News – Warga Negara Asing ( WNA ) asal Myanmar, Chali mengaku senang kalau menjadi warga negara Indonesia ( WNI ). Atas pengakuan tulus dan jujur itu, akhirnya diajak Media Tual News mengucapkan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, di Kantor Kesabangpol Kota Tual, jumat ( 10/6/2022 ).

“ Saya senang jadi WNI, Indonesia bagus. Kalau menyanyi lagu indonesia raya bisa kalau dipandu, termasuk ucap Pancasila,  “ kata WNA Chali asal Myanmar yang berdomisili di Desa Ohoidertawun, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Malra ketika hadir di Kantor Kesbangpol Kota Tual untuk pendataan diri kewarganegaraan.

Kemenkum HAM Undang Rakor Soal WNA Yang Tak Punya Dokumen di Maluku

Chali mengisahkan dirinya sudah tidak mengingat tahun berapah dia dkk direkrut perusahan ikan Thailand untuk menjadi ABK.

“ ketika perusahan ikan Thailand di Kota Tual dan Malra tutup, saya mencari nafkah di darat hingga saat ini dengan bekerja serabutan. Saat ini tinggal di Desa Ohoidertawun, “ Ungkapnya.

WNA-Myanmar-dan-Kamboja-usai-pendataan-diri-di-Kantor-Kesbangpol-Kota-Tual
WNA-Myanmar-dan-Kamboja-usai-pendataan-diri-di-Kantor-Kesbangpol-Kota-Tual

Ketika ditanya saat turun dari kapal ikan Thailand, apakah memiliki dokumen keimigrasian ? WNA Chali mengaku tidak mengantongi satu dokumen.

Puluhan Tahun Jeritan 40 WNA Kota Tual Ingin Jadi WNI Bakal Terjawab ?

“ Semua ABK kapal ikan Thailand yang masuk Tual dari dulu tidak memiliki dokumen keimigrasian. Bukan hanya saya sendiri, semua ABK, “ Katanya.

Dikatakan, dirinya mendengar informasi pendaftaran ABK eks nelayan asing yang berdomisili di Kota Tual dan Kabupaten Malra dari rekan – rekanya.

“ Kantor Kesabangpol Kabupaten Malra tidak pernah memberitahukan hal ini, makanya saya datang di Kesbangpol Kota Tual, karena ingin menjadi WNI, “ Jelas WNA Chali.

WNA Myanmar Kota Tual Akui Punya KTP dan KK WNI ?

Kata Chali, dirinya sangat senang menjadi WNI, sebab Indonesia bagus.

“ Saya senang sekali dengan apa yang dilakukan Kantor Kesbangpol Kota Tual, untuk kami jadi WNI. Saya belum kawin dan tinggal sendiri di Ohoidertawun, “ Terang WNA Chali.

( Media Tual News )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: