TOP Gandeng Perusahaan Hiburan Korsel Ramu Kolaborasi Musik Dua Negara

Img 20221108 wa0020

Jakarta, Tual News- Trinity Optima Production (TOP) baru-baru ini mengesahkan kerjasama strategis dengan perusahaan entertainment asal Korea Selatan Asimula Inc.

Asimula sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang virtual live performance dan platform
pertunjukan musik.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MOU) di Wisma Duta Besar Republik Indonesia, Seoul, Korea Selatan pada awal bulan November yang lalu.

CEO Trinity Optima Production, Yonathan Nugroho, dalam Rilis Pers yang diterima tualnews.com, selasa ( 08/11/2022) mengaku kerjasama ini bertujuan meningkatkan akses pelaku industri entertainment, khususnya musik dari Indonesia ke Korea Selatan dan sebaliknya.

Ia menuturkan, Korea Selatan memiliki keunggulan dalam hal pengelolaan setiap talent sehingga nyaris semuanya punya potensi go international.

“Kalau kita perhatikan, talent-talent K-pop yang mendunia itu punya satu kesamaan, yakni mereka dilatih untuk menghadapi market internasional, dimulai dari lagu-lagu yang punya unsur bahasa asing, kemampuan bahasa asing tiap personil, dan gaya berpakaian,” tuturnya.

Yonathan mengutarakan pandangannya mengenai kepiawaian perusahaan talent management Korea Selatan dalam mengolah suatu bidang industri kreatif tradisional menjadi sesuatu yang kekinian, trendy serta menyentuh selera generasi anak muda.

” Salah satunya adalah lagu Arirang yang dapat dikembangkan menjadi pop, jazz dan rock. Di Indonesia, musik tradisional seperti dangdut dan campursari juga bisa dikembangkan, dan inilah yang jadi salah satu cita-cita kami lewat kerja sama ini,” tambahnya.

Sementara itu, CEO Asimula Inc. Asim Fauzi mengatakan kerjasama ini akan berfokus pada tiga tahap, yaitu dimulai dari produksi konten digital, kemudian musik, dan dilanjutkan dengan kolaborasi di bidang sektor perfilman dan TV.

Menurutnya, pandemi COVID-19 selama dua tahun ini menyebabkan masyarakat terbiasa melihat penampilan artis secara digital, sehingga memberikan potensi lebih bagi talenta kreatif Indonesia untuk muncul di platform digital dengan konsumen yang lebih luas lagi, termasuk ke Korea Selatan.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Duta Besar Republik Indonesia kepada Republik Korea, Gandi Sulistiyanto.

Dubes Sulis menyatakan, pihaknya berharap agar kerjasama di bidang
industri kreatif ini bisa berkesinambungan.

“Ini contoh nyata bahwa generasi muda penerus bangsa produktif dalam mencari celah kolaborasi industri kreatif dan digital. Satu pesan saya agar kerjasama ini tidak bersifat one time off, melainkan terus berkesinambungan,” Pesanya.

Dari perspektif kekuatan ekonomi nasional, Dubes Sulis mengatakan musik adalah salah satu sub-sektor yang paling potensial.

” maka dari itu kerjasama industri kreatif di Indonesia penting untuk terus diperkuat dari berbagai aspek,” Pintahnya.

Ia menjelaskan, Korea Selatan kini menjadikan industri kreatif sebagai salah satu tulang punggung perekonomian negara.

Dikatakan, keterhubungan setiap produk atau konten kreatif diramu sedemikian rupa, sehingga hasilnya dalam suatu drama Korea umpamanya, penonton dapat menemukan tidak hanya aktor dan aktris tetapi juga K-fashion (busana) dan K-food (gastronomi/kuliner) yang ikut dipromosikan.

” kolaborasi ini mengedepankan keunggulan kedua perusahaan entertainment terkemuka dari kedua negara. TOP sebagai perusahaan yang memiliki ekosistem hiburan
komprehensif menyatakan siap untuk membuka akses pada kolaborasi cross-sector kepada Asimula dan talent-talent atau proyek kreatifnya, ” Tandasnya.

Yonatan berharap dengan adanya partner baru ini,
proses transfer knowledge bisa berlangsung lancar dan membawa manfaat positif bagi
perusahaan, seluruh stakeholders, dan tentunya menginspirasi kebahagiaan bagi penikmat
karya-karya talent anak bangsa,” ujarnya.

Tentang Trinity Optima Production (TOP)

Trinity Optima Production (TOP) atau @trinityoptima adalah pionir label musik yang mencakup manajemen
artis di Indonesia di bawah naungan Trinity Entertainment Group (TEG).
Mengusung misi “Nurturing STARS to Inspire Happiness”, TOP telah berhasil mengorbitkan berbagai talenta berbakat di Indonesia di
bidang musik dan hiburan seperti Afgan, Armand Maulana, Ungu, Maudy Ayunda, Sherina, Lesti dan Naura.

TOP berfokus kepada A&R (Artist & Repertoire) yakni menggali bakat dan brand positioning talent,
perencanaan peluang dan penampilan, pemasaran, sampai pengelolaan komersil brand untuk klien internal maupun eksternal TOP.

( Redaksi Media Tual News)