Biro Wassidik Bareskrim Polri Rabu Gelar Internal Perkara Kabalmay

Img 20221205 wa0022

Tual News – Biro Wassidik Bareskrim Mabes Polri bersama penyidik Satreskrim Polres Tual secara internal dipastikan rabu ( 07/12/2022)  melaksanakan gelar perkara khusus kasus penembakan yang dilakukan terlapor oknum PNS BNNK Tual terhadap Korban Mela Zain Djunaidi Kabalmay alias Ongen Kabalmay.

Kepastian gelar perkara khusus secara internal itu disampaikan Kuasa Hukum korban, Gasandi Renfaan, S.H dalam Rilis Pers yang diterima tualnews.com, senin malam ( 05/12/2022).

” Iyaa benar, tadi kami mendapat informasi dari penyidik kalau gelar perkara khusus kasus penembakan yang dilaporkan klien saya sebagaimana laporan polisi nomor : LP-B/67/III/2022/SPKT/Polres Tual/Polda Maluku tanggal 28 Maret 2022, akan kembali digelar dan diputuskan  rabu tanggal 7 November 2022, ” Ungkapnya.

Renfaan mengaku gelar internal perkara khusus ini antara penyidik Polres Tual dan Biro Wassidik Bareskrim Polri, untuk penetapan tersangka.

” Penyidik telah mengantongi dua alat bukti yang sah, untuk menetapkan terlapor sebagai tersangka, sebab hal ini telah dipaparkan penyidik saat gelar
perdana di Mabes Polri tanggal 9 November 2022, ” Jelasnya.

Setelah beberapa kali mengalami penundaan gelar kasus ini, maka
penasihat hukum, Gasandi R. Renfaan, S.H berharap ini yang terakhir untuk segera ditetapkan tersangka, demi memberikan kepastian hukum bagi pelapor.

” Kami berharap gelar kasus ini sudah ditetapkan tersangka. Hal ini agar menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri, supaya jangan timbul dugaan-dugaan aneh kok ada apa dengan penundaan ini, ” Papar Gasandi.

Kata dia, masyarakat di Kepulauan Kei bahkan Indonesia berharap polisi tetap bekerja transparan dan selalu mengedepankan aturan serta tidak mengabaikan Hak Asasi Manusia ( HAM).

” Calon tersangkanya kan sudah ada, dua alat bukti sah yang dikantongi penyidik Polres Tual juga sudah ada, jadi hanya menunggu waktu diputuskan, ” Ujarnya.

PH Gasandi meminta klien dan keluarga korban serta masyarakat di Kota Tual tetap bersabar.

” Saya yakin sungguh, Bapak Kapolri , Kabareskrim, Kabaintelkam, Irwasum, Kadiv Propam dan jajarannya di Mabes Polri tidak ada neko-neko terhadap penegakan hukum, ” Tegasnya.

( MTN )