Peringati Hari Ibu, Polda Maluku Gandeng Pemprov dan TNI Gelar Jalan Sehat

Memperingati Hari Ibu ke 91 tahun 2019, Polda Maluku menggandeng Pemerintah Provinsi Maluku, Pemkot Ambon dan seluruh Jajaran TNI menggelar jalan sehat yang dilaksanakan di Kota Ambon, sabtu ( 7/12/2019 ).

Ambon Tual News – Memperingati Hari Ibu ke 91 tahun 2019, Polda Maluku menggandeng Pemerintah Provinsi Maluku, Pemkot Ambon dan seluruh Jajaran TNI menggelar jalan sehat yang dilaksanakan di Kota Ambon, sabtu ( 7/12/2019 ).

Kegiatan jalan santai ini diikuti oleh seluruh personil TNI/Polri, ASN dan masyarakat di Kota Ambon, dengan total peserta mencapai 7.000 orang.

Titik star jalan santai dari depan Gong Perdamaian Dunia sabtu ( 7/12/2019 )

Titik star jalan santai dari depan Gong Perdamaian Dunia, kemudian melintasi sejumlah ruas jalan di Kota Ambon dan finish di Lapangan Merdeka.

Ribuan peserta jalan sehat dilepas langsung Ketua Tim Penggerak PKK Maluku, Ny. Widya Murad Ismail, Ketua Bhayangkari Polda Maluku, Ny. Swanly Royke Lumowa, Persit Candra Kirana Kodam XVI Pattimura, Ketua Jalaselastri Lantamal IX Ambon dan Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Pattimura.

Ketua TP-PKK Maluku, Widya Murad Ismail mengatakan pada dasarnya setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. “ dengan tubuh yang sehat dan bugar, kita semua khususnya kaum Ibu dan perempuan dapat dapat menjalankan peranya sebagai perempuan berdaya, yang berperan besar mewujudkan sumberdaya manusia Indonesia berkwalitas dan berdaya saing “ ungkapnya dalam sambutan, sebelum melepas peserta jalan sehat.

Ribuan peserta jalan sehat dilepas langsung Ketua Tim Penggerak PKK Maluku, Ny. Widya Murad Ismail, Ketua Bhayangkari Polda Maluku, Ny. Swanly Royke Lumowa, Persit Candra Kirana Kodam XVI Pattimura, Ketua Jalaselastri Lantamal IX Ambon dan Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Pattimura.

Kata Bunda PAUD Maluku itu, merujuk pada tema peringatan Hari Ibu ke 91 tahun 2019 yaitu “ perempuan berdaya Indonesia maju “, maka sudah sepatutnya kaum Ibu, terutama perempuan Maluku harus mampu memberdayakan dirinya dan keluarga.

“ Jadi tidak hanya memberdayakan diri dalam aspek sosial ekonomi, tetapi juga memberdayakan fisik dan phisikis yang prima, artinya meskipun ditengah kesibukan, kaum ibu dan perempuan harus mampu menerapkan pola hidup sehat, untuk menjaga kesehatan “ terang Widya Murad Ismail.

Ketua TP-PKK Maluku berharap kaum perempuan Maluku menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin dan teratur serta istirahat cukup.

Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, berfoto bersama kaum perempuan Maluku

Mantan Ketua Bhayangkari Polda Maluku itu minta agar kebiasaan berolahraga harus menjadi budaya yang melekat dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

“ ini bisa dimulai dari hal – hal yang sederhana, seperti jalan sehat di pagi ini, sebab tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga “ pintahnya.

Kata Widya, menciptakan pola hidup sehat berkaitan erat dengan membangun relasi – relasi kemanusian.

“ dengan berolahraga bersama, akan tercipta ruang kebersamaan yang harmoni, dapat mempererat rasa persaudaraan dan persahabatan antara kita “ tandasnya.

Usai pelaksanaan jalan sehat, dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh peserta jalan sehat di Lapangan Merdeka Kota Ambon, sabtu ( 07/12/2019 )

Melalui momentum jalan sehat keluarga dalam rangka menyambut Hari Ibu tanggal 22 Desember mendatang, Widya mengajak perempuan Maluku untuk menguatkan tekad dan semangat, berjalan beriringan membangun keluarga sehat.

“ mari katong baku kele, baku keku, mari katong bangun keluarga Maluku yang sehat, mandiri dan sejahtera. Mulai hari ini, mari katong budayakan hidup sehat, dimulai dari diri sendiri, didalam keluarga sampai ke lingkungan masyarakat “ Ajak Isteri Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Kegiatan jalan sehat bersama juga dihadiri Gubernur Maluku, Murad Ismail, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, Pangdam XVI/Pattimura, MayJen TNI, Dr. Marga Taufiq, Dan Lantamal IX/Ambon, Laksamana Pertama Budi Purwanto, Ketua Walubi Maluku dan seluruh perwakilan instansi.

Usai pelaksanaan jalan sehat, dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh peserta jalan sehat. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyerahan piala serta hadiah kepada pemenang lomba masak ikan kua kuning dan lomba merangkai dalam memeriahkan hari Ibu ke 91 yang diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Maluku.

( team tualnews )