Kodim 1503 Tual Gelar Komsos Jaga NKRI

Tual News – Kodim 1503 Tual, Selasa ( 15/12/2020 ) pukul 09.30 WIT, menggelar kegiatan Komsos dengan komponen bangsa, yang mengusung Tema “ Menjaga Keutuhan dan kemajuan Bangsa dalam Bingkai NKRI di masa Pandemic Covid-19 “ .

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kodim 1503 Tual, jalan Pahlawan Revolusi, Kelurahan Ohoijang – Vatdek, Kecamatan Kei – Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara dihadiri 35 Anggota Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) dan GMNI Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, bersama Pasilog,  Kapt Inf. Hi. Bakri Renhoran, Pasandi Kodim, Ltd Inf. La Gama.

Sinergi Atasi Pandemi Covid-19, Kodim 1503 Tual Gelar Lomba Melukis

Dalam kegiatan ini Kasdim 1503 / Tual, Mayor Arm. Udin Rasidi, ST, menegaskan gerakan separatisme terbuka seperti Gerakan Aceh Merdeka ( GAM ), Republik Maluku Selatan ( RMS ) dan Organisasi Papua Merdeka ( OPM ) maupun kelompok kecil lainya yang belum kelihatan, kalau tidak disikapi secara bijak, maka tetap menganggu kerukunan dan persatuan bangsa.

“ Kita harus jaga NKRI dari ancaman terorisme dan separatisme  baik dari dalam maupun dari luar “ Tegas Rasidi.

Kasdim 1503 / Tual dalam paparanya menguraikan keutuhan NKRI mencakup keutuhan wilayah, budaya dan Sumber Daya Alam.

Kodim 1503 Tual Bagi Masker dan Sosialisasi New Normal di Masjid

“ makna keutuhan wilayah meliputi seluruh pulau dengan segenap tanah, air dan udara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, sedangkan  keutuhan budaya meliputi adat istiadat, karya cipta dan hasil pemikiran Bangsa Indonesia dan suku-suku di seluruh wilyah NKRI “ Tandasnya.

Sementara keutuhan sumber daya alam, kata Rasidi  meliputi seluruh kekayaan alam berupa barang tambang, beserta flora dan fauna, keutuhan penduduk atau sumber daya manusia, meliputi keutuhan orang, status, keselamatan bahkan kesejahteraannya.

Kodim 1503 Tual Amankan Tas Noken Bercorak Benderah RMS

Dikatakan, luasnya cakupan makna keutuhan NKRI,  menjadi beban berat dalam menjaganya.

“  Penjagaan dan  pembelaan tidak cukup dilakukan dengan menyampaikan aspirasi kepada  pejabat negara atau demonstrasi oleh rakyat dan mahasiswa, lebih penting dari itu adalah kita merenungkan apa penyebab kasus  ancaman itu terjadi, untuk  melakukan langkah-langkah pencegahan “ Pintah Kasdim 1503 / Tual. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: