Menteri PPN/Bappenas Sambangi Pelabuhan Perikanan Kota Tual

Tual News – Pelabuhan Perikanan Nusantara ( PPN ) Dumar Kota Tual, di Propinsi Maluku, merasa terobati dan berterimakasi, atas kehadiran Menteri PPN/Bappenas RI, Dr.H.Suharso Monoarfa, di Kota Tual dan Kabupaten Maluku, Jumat ( 18/06/2021 ).

Walikota Serahkan Master Plan Kota Tual Kepada Menteri PPN/Bappenas

Kepala PPN Dumar Kota Tual, Silvinus Jaftoran, dalam laporanya mengaku, kehadiran Menteri PPN/Bappenas bersama Gubernur Maluku, membawah angin segar bagi pengembangan dan pembangunan di sektor Kelautan dan Perikanan.

“ Perlu saya laporkan kepada Bapak Menteri, kalau PPN Dumar sejak diresmikan tanggal 03 Mei 2000, terjadi peningkatan produksi perikanan, karena pelabuhan ini menjadi persinggahan kapal asing seperti Thailand, Korea, dan China “ Ungkapnya.

Menurut Jaftoran, selama rentang waktu delapan tahun kehadiran PPN Dumar Kota Tual, secara langsung memberikan kontribusi peningkatan pendapatan Negara di sektor kelautan dan perikanan.

400 Ratus Komponen Rakyat Kota Tual Dukung Investasi Blok Masela di PT SIS

“ Kontribusi terbesar peningkatan pendapatan ekspor ikan melalui PPN Dumar Kota Tual sangat besar, terbukti kapal ikan asing Thailand, Korea dan China, melaksanakan actifitas ekspor dan impor di PPN Dumar “ Jelasnya.

Namun, diakui beberapah tahun terakhir, karena terjadi perubahan regulasi, menyebabkan actifitas PPN Dumar Kota Tual sepi.

“ Kami berharap dengan kehadiran Bapak Menteri PPN/Bappenas, akan membawah angin segar untuk meningkatkan kesejatraan masyarakat di Kota Tual dan Malra. Perlu saya laporkan, kalau delapan tahun lalu, pertumbuhan ekonomi di kedua daerah ini sangat berkembang, tukang ojek dan ibu – ibu pasar hidup, karena actifitas kapal perikanan di PPN Dumar yang berjalan lancar  “ Terang Jaftoran.

Kedepan Nelayan Kota Tual Wajib Lapor Hasil Produksi

Kepala PPN Dumar Kota Tual mengaku, semua fasilitas yang ada di Pelabuhan Perikanan itu sangat memadai, namun untuk pengembangan ke depan, maka pelabuhan PPN Dumar harus dibangun tambah tiga ratus meter.

“ Letak PPN Dumar Kota Tual sangat strategis untuk persinggahan kapal perikanan di laut Arafura dan Banda. Lahan yang dimiliki kurang lebih enam belas hektar, dibagi dua,  enam hektar sudah digunakan untuk kawasan pelayanan publik, sedangkan sisanya akan dimanfaatkan untuk pengembangan kawasan industri Perikanan “ Rinci Jaftoran.

Walikota Tual Naik Perahu Panen Raya Rumput Laut

Dirinya berharap, dengan kehadiran Menteri PPN / Bappenas, bisa mendatangkan Investor untuk berinvestasi di kawasan PPN Dumar Kota Tual, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Tual dan Malra, akan maju dan berkembang. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: