Kota Tual Jadi Rumah Ekspor Maluku

Tual News – Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag menegaskan Kota Tual saat ini menjadi rumah ekspor  di Propinsi  Maluku, sehingga perlu sinergitas program dan kegiatan OPD Pemkot Tual dalam menunjang visi tersebut.

Hal ini ditegaskan Walikota Tual pada pembukaan pembinaan pelaku usaha ekspor di Pelabuhan Perikanan Nusantara ( PPN ) Dumar, Kota Tual, Senin ( 16/08/2021 ).

Menteri PPN/Bappenas Sambangi Pelabuhan Perikanan Kota Tual

“ Sebagai langkah awal percepatan ekspor, maka perlu dilakukan pembinaan di bidang ekspor yang merupakan upaya meningkatkan kapasitas SDM tentang hal – hal yang dipersiapkan untuk memulai ekspor, termasuk legalitas usaha, kapasitas produksi, dan kualitas produk “ Ungkapnya.

Kata Rahayaan, untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan langkah – langkah percepatan strategis dengan dukungan dari Menko Marves, Kementerian Perikanan, Perdagangan, Perhubungan dan Kementerian terkait.

“ Pemkot Tual telah menyiapkan insentif bagi pelaku ekspor berupa pemberian tarif negosiasi air curah untuk pemenuhan kebutuhan produksi baik di kapal maupun unit – unit pengolan ikan termasuk di PT. SIS dan beberapah regulasi yang ditetapkan “ jelasnya.

Walikota Serahkan Master Plan Kota Tual Kepada Menteri PPN/Bappenas

Walikota Tual mengajak para pengusaha di bidang perikanan yang selama ini masih mengirim produk untuk ekspor melalui daerah lain, agar  dapat melakukan ekspor dari  Kota Tual, karena berbagai kemudahan yang diberikan.

“ Melakukan ekspor ikan dari Kota Tual dapat memperoleh beberapah manfaat yakni, kemudahan pelayanan pericinan, penghematan bahan bakar dan biaya operasional, devisa dapat diterima dengan cepat disebabkan karena pengiriman produk lebih cepat tiba di negara tujuan “ Tandas Rahayaan.

Selain itu, Kata Walikota Tual kemudahan lainya adalah kualitas produk lebih terjaga, karena tempat pengolahan dan pengiriman tidak terlalu jau dari Fishing Ground .

Kota Tual dan Biak Numfor Jadi Fokus Ekspor Industri Perikanan

“ Saya minta setiap OPD terkait baik hulu maupun hilir untuk serius dan tetap semangat berinovasi dalam mencari serta mengembangkan sumber – sumber produksi dan pemasaran yang bernilai tambah bagi produk kita. Ayo Katong ekspor dari Kota Tual “ Pintah Walikota Tual.

Kegiatan ini ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama air bersih antara Kepala PPN Dumar Kota Tual, S. Jaftoran dan Direktur PDAM Maren, Ny. Ria Far – Far, disaksikan Walikota Tual, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge dan Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut. ( TN )

 

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca