Warga Semawi, Isso, Maar & Waab Watngil Tanya Mobil DD di Polres Tual

Dana desa 00

Tual News – Warga Desa / Ohoi Semawi, Isso, Maar dan Waab Watngil, Kabupaten Maluku Tenggara, masih terus mempertanyakan kinerja Unit Tipikor Polres Tual, atas laporan polisi yang dibuat,  Nomor ; STPL/130/VI/2021/Maluku/Polres Tual, terkait  tindak pidana penipuan yang terjadi tahun 2020.

“ puluhan warga sudah dimintai keterangan sebagai saksi di Tipikor Polres Tual, tapi sampai saat ini, penanganan kasus ini  lamban dan tidak jelas,  “ sorot warga empat desa tersebut ketika menghubungi tualnews.com, jumat malam ( 17/09/2021 ).

Pengusaha Aru Dipolisikan, Soal Belanja Fiktif Mobil Dana Desa 2020

Untuk diketahui, pelapor kasus ini adalah Tokoh Masyarakat Ohoi Semawi, Godlif Hot Ditubun, bersama sejumlah warga  menyambangi ruangan  SPKT Polres Tual, 07 Juni 2021,  pukul 11.00 WIT.

Ini-surat-pernyataan-kontraktor-dobo
Ini-Surat-Pernyataan-Kontraktor-Dobo

Kepada Pers, usai membuat laporan polisi, Godlif Ditubun membenarkan laporan yang dibuat, terkait dugaan penipuan ratusan juta yang dilakukan oknum Kontraktor asal Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.

1 Tahun Mobil BUMO Empat Ohoi Malra Tenggelam di Laut Aru

“ Saya bersama warga tiga Desa lainya di Kecamatan Kei – Kecil Timur, Kei – Kecil Timur Selatan, dan Hoat Sorbay,  datang buat laporan polisi terhadap oknum pengusaha Aru dkk, sebab uang ratusan juta, sumber Dana Desa ( DD ) tahun 2020 sudah disetor, untuk pengadaan mobil Truk L.300 milik BUMO, namun hingga saat ini mobil tersebut tidak ada “ Kesal Ditubun.

Uang Dana Desa Beli Mobil Disetor Kepada Kontraktor

Sementara itu, berdasarkan investigasi tualnews.com,  oknum Kontraktor asal Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Herdy Tandra, diduga telah menghilang bersama uang dana desa ( DD ) milik empat Desa /Ohoi tersebut.  .

Hal ini terbukti, ketika pengusaha kawakan yang ditunjuk menangani pengadaan empat buah mobil BUMO dan lampu solar sel sebanyak 42 unit di Kecamatan Kei – Kecil Timur, Kei – Kecil Timur Selatan,  dan Hoat Soarbay, Kabupaten Maluku Tenggara,  belum mendatangkan empat buah mobil  truk L.300, sumber dana desa Semawi, Isso, Maar dan Wab Watngil, tahun anggaran 2020.

Pernyataan-pengusaha-pengadaan-lampu-solar-sel-dan-mobil-bumo-malra.
Pernyataan-Pengusaha-Pengadaan-Lampu-Solar-Sel-Dan-Mobil-Bumo-Malra.

Kontraktor Herdy Tandra, yang beralamat di Jalan Cendrawasi, Kota Dobo telah membuat surat pernyataan yang ditanda tangani diatas meterai enam ribu, dihadapan Kepala Inspektorat, Dinas DPM DPA,  Camat dan Pejabat Kepala Ohoi  tanggal 26 Januari 2021.

LPJ Beli Mobil & Lampu DD Semawi Hilang ?

Dalam surat pernyataan itu, Kontraktor Herdy Tandra,  menyatakan akan menyelesaikan belanja pengadaan lampu sejumlah 42 unit diselesaikan pada bulan Pebruari 2021 dan serah terima  mobil penumpang serta truk L.300, empat unit untuk empat Ohoi tersebut bulan Maret 2021.

“ Surat pernyataan ini saya buat, untuk disampaikan kepada Kepala Ohoi dan pihak terkait, apabilah dikemudian hari ternyata saya tidak melaksanakan pernyataan ini, saya bersedia dituntut sesuai perundang – undangan yang berlaku,  “ tandas Herdy dalam surat peryataan yag ditandatangani diatas meterai.

Sangat disesalkan, Kantor Inspektorat Kabupaten Malra, belum turun melakukan audit keuangan dana desa ( DD ) tahun anggaran 2020, pada empat ohoi tersebut, padahal laporan realisasi anggaran telah selesai digunakan, sementara fisik barang tidak ada hingga saat ini.

Dana Desa Wain Bangun Kantor 140 juta Diduga Fiktif

Kontraktor asal Kabupaten Kepulauan Aru, Herdy Tandra sampai saat ini belum dapat dihubungi, namun kasus ini sudah ditangani Tipikor Polres Tual.

Pengusaha Herdy Tandra, selain ditunjuk untuk pengadaan empat buah mobil BUMO milik empat ohoi tersebut, dirinya juga dipercaya menangani pengadaan lampu solar cell di Kecamatan Kei – Kecil Timur, Kei – Kecil Timur Selatan dan Hoat Sorbay sebanyak 42 unit.

Pengadaan Lampu solar cell itu dianggarkan Pejabat Kepala Ohoi dalam APBDes, setiap desa / ohoi tahun anggaran 2020, tanpa musyawarah desa.

Kepala Inspektorat Malra Audit Khusus DD Marfun, Desa Lain Tunggu Giliran

Para kades hanya berdasarkan surat Camat, guna menjawab visi – missi Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si, tentang desa terang, berani anggarkan dana desa tahun 2020, puluhan hingga ratusan juta  ditengah pandemi Covid-19, untuk belanja mobil dan lampu desa.

Kontraktor Herdy Tandra, yang menangani ratusan unit lampu solar cell, di Kabupaten Malra, dibiayai dana desa, patut diduga memperoleh keuntungan besar, sebab setiap desa anggarkan satu unit lampu sebesar Rp 27.000.000,-.

Anehnya, penyerahan uang DD dari Kepada Desa dan bendahara kepada Kontraktor, untuk pengadaan mobil dan lampu milik Ohoi, hanya berupa kwitansi biasa, tidak ada surat kontrak kerja sama  antara Pemdes dan pihak ketiga, serta spesifikasi pengadaan lampu solar cell tersebut.

Praktek dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN ) kasus ini semakin nyata, namun aparat hukum di bumi Larvul Ngabal belum bergerak. ( TN )