Warga GPM Berpartisiapsi Layani Sholat Idulfitri di Kota Tual

Tual News – Kerukunan Umat beragama di Kota Tual, Propinsi Maluku tetap kokoh dalam membangun persaudaraan sejati, buktinya Warga Jemaat Gereja Protestan Maluku ( GPM ) Kota Tual turut serta berpartisipasi memberikan pelayanan berupa pembagian masker dan penyemprotan cairan antiseptik, Hand Sanitizer kepada Jemaah yang mendatangi Masjid Agung Al- Hurriyah 45 Kota Tual dalam melaksanakan  Sholat Idulfitri 1442 H/ 2021 M, Kamis ( 13/05/2021 ).

Kegiatan Fisik Jelang MTQ Kota Tual Di PP Kur Rampung

Pantauan tualnews.com, warga GPM Kota Tual turun langsung lapangan melibatkan organisasi kepemudaan seperti AMGPM, GAMKI dan GMKI.

Pelaksanaan Sholat Idulfitri yang direncanakan berlangsung di arena Pelabuhan Yosudarso Kota Tual, namun karena kondisi hujan membasahi bumi Maren, sehingga dipindahkan di Masjid Agung Kota Tual.

Selama pelaksanaan Sholat Idulfitri berlangsung, aparat gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Tual turut serta menjaga keamanan dan mengatur aru lalulintas.

Ini Hasil Lomba Baca Al- Qur’an & MHQ Kota Tual

Sholat Idulfitri di Masjid Agung Kota Tual, dipimpin Sekretaris MUI Kota Tual, Muhamad Zein Renhoat,  sebagai Khotib. Dihadiri ratusan umat Islam. Walikota Tual, Adam Rahayaan, Wakil Walikota, Usman Tamnge dan Sekretaris Daerah Kota Tual, A. Yani Renuat, hadir bersama umat Islam Kota Tual melaksanakan Sholat Idulfitri 1442 H / 2021 M.

Ketua Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku ( AMGPM ) Wilayah Kei – Kecil, Frans J. Matwaer, kepada tualnews.com, membenarkan organisasi kepemudaan Kristen yang terdiri dari AMGPM, GAMKI dan GMKI, dibawah koordinasi Majelis Pekerja Klasis GPM Kei – Kecil, hadir di Masjid Agung Al- Hurriyah 45 Kota Tual untuk memberikana pelayanan dan pengamanan dalam pelaksanaan Sholat Idulfitri bagi basudara Umat Islam.

PP Kur Optimis Juara Umum MTQ Kota Tual 2021

“ Ini adalah bentuk GPM jaga persaudaraan di tanah Kei, dan membantu Dinas Kesehatan untuk bersama – sama menjaga protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 “ Ungkapnya.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-8624388437090109"
     data-ad-slot="8065570007"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Ketua AMGPM mengaku, para pemuda Gereja Protestan Maluku di Kota Tual, ikut berpartisipasi dengan membagikan masker dan  penyemprotan Hand Sanitizer kepada Jemaah umat Islam  yang datang melaksanaka Sholat Idulfitri di Masjid Agung Kota Tual.

“ Kami akan tetap jaga toleransi,  silahturahmi dan kerukunan antar umat beragama di Kota Tual, sesuai falsafah adat dan Budaya Kei, Ain Ni Ain ( Katong semua satu –red ) “ Tegas Matwaer.

Ketua MUI Tual : Bulan Ramadhan Wujud Perbaiki Iman

Ketua AMGPM Kei – Kecil, berharap kegiatan seperti ini bukan hanya sebatas pada perayaan hari raya besar keagamaan seperti Idulfitri dan Natal, namun harus lebih ditingkatkan dengan aksi sosial bersama untuk menjaga Kamtibmas dan kerukunan antar umat beragama.

Iklan idulfitri Sekda Kota Tual

“ Untuk itu, kami atas nama AMGPM mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idulfitri bagi semua basudara umat Islam di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, semoga kedamaian dan sukacita selalu menyertai kita semua “ Ucapnya.

Pelaksanaan Sholat Idulfitri di Masjid Agung Kota Tual berlangsung aman dan damai.

Puasa Membentuk Muslim Sejati

Sekretaris MUI Kota Tual, Muhamad Zein Renhoat,  sebagai Khotib pada Sholat Idulfitri 1442 H / 2021 M di Masjid Agung Kota Tual, menekankan tentang ibadah puasa membentuk muslim sejati.

BRI Tual Salur BPUM dan PIP 10 Milyar Lebih

“ Tidak semua umat Islam merasakan kelezatan bertakbir pada hari ini, karena ada orang yang mengaku dirinya muslim, namun tidak berpuasa, atau mungkin mereka berpuasa, tapi tidak sempurna puasanya “ Ujarnya.

Kata Renhoat, kelezatan bertakbir, pada hari ini hanya dapat dirasakan oleh hamba – hambanya yang telah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh dengan iklas karena Allah SWT.

iklan idulfitri Pejabat Kepala Ohoi Revav

“ Sungguh sangat beruntung, orang – orang yang dengan penuh iman dan iklas telah melaksanakan puasa, mengerjakan sholat wajib, sholat tarawi, dan tahlil yang tidak berkeputusan “ Pesanya.

Sekretaris MUI Kota Tual, mengajak umat Islam Kota Tual bersyukur dan bangga menjadi umat Islam, sebab Allah sendiri bangga dengan umatnya.

Walikota Tual Buka Pasar Murah Terpadu Jelang Idulfitri

“ Ini memberikan julukan sebagai umat terbaik dimuka bumi ini, sebagaimana firmanya dalam Q.S. Ali Imran : 110 “ Ujarnya.

Renhoat minta umat untuk bertakbir dalam kehidupan sehari – hari, jangan membesarkan kekayaan, kekuasaan dan jabatan.

“ Diluar Sholat, kita masih diperbudak oleh nafsu dan memaksa orang lain untk menuruti kemauan kita, di Masjid kita bertakbir, tapi ditengah – tengah masyarakat kita bertakabur “ Kata Khotib Renhoat.

Dikatakan, dalam kehidupan umat, tidak lagi mengaplikasikan Firman Allah dan Sabda Rasul tentang kejujuran, keiklasan,  kasih sayang dan amal sholeh.

“ Kebesaran Allah yang selalu kita besarkan dalam sholat dan do’a, telah kita lupakan dalam kehidupan nyata. Kita rajin beribadah siang dan malam, namun kemaksiatan dan kedzaliman juga terus dilakukan dalam kehidupan “ Sorotnya.

Untuk itu di Hari Kemenangan ini, Renhoat mengajak umat Islam untuk selesai Sholat Idulfitri harus saling maaf – memaafkan.

“ Sikap saling memaafkan adalah cermin akhlaq yang terpuji. Memaafkan orang yang bersalah dan keliru, sekalipun dia tidak meminta untuk dimaafkan “ Pintahnya. ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: