Tamnge : Yelim Adalah Warisan Budaya Kei

Tual News – Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, S.E, mengaku hubungan persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama sesuai Falsafah Adat dan Budaya Kei, AIN NI AIN Saling Memiliki ) dan Yelim ( Sumbangan Suka Rela – Red ), merupakan warisan Leluhur Kei yang harus dijaga dan dipelihara.

Wawali dan Raja Tual Cek Kesiapan Pentahbisan Gereja Katolik Xaverius

“ Pasti orang bertanya, kenapa kami antar Yelim, di Gereja Katolik Ohoijang dan Gereja Tual, sebab hubungan persaudaraan dan kekeluargaan orang Kei adalah warisan para leluhur  “ Ungkap Wawali kepada tualnews.com,.

Keluarga-Besar-Tamnge-dan-Tamher-Kota-Tual-bersama-Panitia-Pentahbisan-Gereja-Katolik-Paroki-Ohoijang
Keluarga-Besar-Tamnge-dan-Tamher-Kota-Tual-bersama-Panitia-Pentahbisan-Gereja-Katolik-Paroki-Ohoijang

Menurut Tamnge, Gereja sebagai Rumah Tuhan, harus dijaga, dan dipelihara, sebagai tempat pelayanan membangun persaudaraan dan  cinta kasih.

Wawali dan Raja Tual Cek Kesiapan Pentahbisan Gereja Katolik Xaverius

“ Terlepas dari jabatan Wakil Walikota Tual, saya sebagai  anak adat Kei, harus menunjukan jati diri, sebab hubungan kekeluargaan dan persaudaraan orang Kei, sebagai satu keturunan harus kita lestarikan sepanjang massa  “ Tandas Tamnge.

Raja Tual, Djafar Tamher,  berpesan kepada Generasi Muda di Kepulauan Kei agar menghayati dan mengamalkan Adat dan Budaya Kei yang sudah diwariskan para Leluhur.

Gereja Ohoijang Lahir Dari Kekuatan Agama, Adat dan Pemerintah

“ Apa yang digariskan Leluhur, kita harus ikut, sehingga kehidupan persaudaraan antar sesama yang rukun, aman dan damai, tetap terjalin baik dan terpelihara, sesuai Falsafah AIN NI AIN ( Saling Memiliki –red ) “ Pesan Tamher.

Untuk diketahui, Keluarga Besar Marga Tamnge dan Tamher di Kota Tual, Minggu ( 13/06/2021 ) hadir di Gereja Katolik Santo Yosep Ohoijang, Kecamatan Kei – Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, untuk membawah bantuan ( Yelim – Red ), dalam rangka mendukung peresmian dan Pentahbisan Gereja Katolik Santo Yosep Paroki Ohoijang, Senin ( 14/06/2021 ).

Bukti Toleransi, Warga Non Muslim Sukseskan MTQ Kota Tual

Sebelumnya,  bantuan Yelim yang sama, sudah diantar di Gereja Katolik, Santo Fransiskus Xaverius, untuk membantu panitia dalam mendukung pentahbisan Gereja Katolik Tual, Rabu (16 /06/2021 ). ( TN )

tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca

%d blogger menyukai ini: