fbpx
KPK Ajak Mahasiswa Aktif Lapor Korupsi

KPK Ajak Mahasiswa Aktif Lapor Korupsi

63 / 100

Tual News – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK ),  Alexander Marwata mengajak mahasiswa untuk berperan aktif melaporkan tindak pidana korupsi.

Ajakan ini disampaikan Marwata, ketika menyampaikan  kuliah umum pendidikan antikorupsi di Politeknik Negeri Balikpapan, selasa ( 8/03/2022 )

“ Kaltim adalah wilayah yang kaya dengan sumber daya alam. Kekayaan itu harus dikelola dengan baik & transparan, agar bisa mensejahterakan masyarakat Kaltim. Olehnya itu, mahasiswa yang kelak mengisi jabatan penyelenggara negara di Kaltim, harus memiliki pribadi yang berintegritas, “ pintahnya.

Pimpinan KPK menegaskan, pendidikan antikorupsi yang dilakukan KPK juga dibarengi dengan perbaikan & tata kelola sistem.

“ KPK bekerja sama dengan kementerian/lembaga untuk menelusuri aturan mana saja yang berpotensi menimbulkan korupsi, “ jelasnya.

Marwata mengaku, upaya pencegahan korupsi saat ini cukup berhasil,  hal itu terbukti, bisa dilihat dari skor Indeks Integritas Nasional  tahun 2021 yang mencapai 72,43.

“ indeks Integritas Nasional merupakan indeks yang mengukur tingkat risiko korupsi pada kementerian/lembaga/pemerintah daerah melalui persepsi & pengalaman masyarakat, “ terang Pimpinan KPK.

Kata dia, dalam Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2021, didapatkan skor Indeks Integritas Nasional sebesar 72,43.

“ angka itu lebih tinggi dari target yang ditetapkan dalam RPJMN tahun 2020-2024, yakni 70, sementara Indeks Integritas Provinsi Kaltim adalah 67,23 atau masih lebih rendah dari rata-rata nasional & target RPJMN, “ kata Marwata.

( KPK – Media Tual News )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page