Perkuat Persatuan Bangsa Jaksa Agung Mengaji Virtual Bersama Kejaksaan

Jaksa agung dalam momentum ramadhan 3

Tual News –  Jaksa Agung RI Burhanuddin memberikan sambutan secara virtual dari Ruang Kerja Jaksa Agung RI Gedung Kartika Adhyaksa dalam Acara Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Mengaji yang dihadiri secara virtual oleh Ketua Umum PJI Amir Yanto, Ulama Nadhatul Ulama (NU) K.H. Ahmad Muwafiq, dan anggota pengurus PJI di Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, dan Cabang Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia, kamis ( 7/4/2022 ).

Dalam Rilis Kejaksaan Agung yang diterima tualnews.com, Jaksa Agung RI Burhanuddin menegaskan Puasa Ramadhan bukan sekedar ritual rutin yaitu menahan lapar dan dahaga sejak terbit fajar hingga matahari di waktu magribb, karena selama sebulan penuh, perjalanan ibadah puasa memiliki banyak keutamaan untuk diri sendiri baik bersifat hablum minnannass (hubungan sesama manusia) maupun hablum minnallah (hubungan dengan Allah SWT).

“ Ibadah puasa memiliki dua dimensi, yaitu dimensi lahir dan batin. Puasa lahir adalah puasa dengan standar ilmu fikih (ilmu hukum Islam), sedangkan puasa batin adalah puasa dengan standar ilmu tasawuf (ilmu rohani Islam),” Tandas Jaksa Agung RI.

Menurut Jaksa Agung RI, dengan menjalani puasa batin maka puasa itu tidak sekadar menahan lapar dan dahaga, tetapi juga mengendalikan hawa nafsu, baik hawa nafsu yang berasal dari perbuatan mata, mulut, telinga, hati maupun yang berasal prilaku seluruh jiwa dan raga.

“ Yang kita hindari dalam berpuasa bukan hanya yang haram dan syubhat, akan tetapi juga sikap berlebih-lebihan terhadap suatu hal yang halal. Sebab, inti dari puasa adalah pengendalian diri. Jika mata tetap tidak terkendali, mulut tak berhenti menggunjing, telinga nyaman mendengar hal-hal buruk, dan hati terus tertuju dengan dunia dan melupakan Tuhannya, maka kualitas puasa yang kita laksanakan, pastilah bukan kualitas puasa seperti yang diharapkan yaitu puasa yang memenuhi dimensi lahir dan  batin,” Pesan Jaksa Agung RI.

Jaksa Agung RI mengaku,  Bulan Ramadhan juga merupakan bulan terbaik untuk memperbaiki diri dari segala kesalahan.

“ Dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, sudah semestinya sebagai upaya untuk menghilangkan penyakit-penyakit hati seperti bergunjing (ghibah), sikap pamer (riya’), dan perilaku sombong (takabbur). Di samping itu, dengan puasa diharapkan muncul sifat-sifat mulia dalam diri kita, seperti sifat sabar, ikhlas, rendah hati (tawadhu’), merasa cukup (qona’ah), selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT dan sifat-sifat mulia lainnya, “ pintahnya.

Kata Burhanudin, jika direnungkan secara lebih mendalam, maka segala pertikaian yang terjadi di antara anak bangsa, disebabkan masih mendominasinya penyakit hati yang menuntun ke arah prilaku tidak terpuji bagi segenap anak bangsa.

“ Dengan demikian munculah sikap, saling hujat dan saling menyerang antar saudara sendiri sesama anak bangsa sebagai akibat perbedaan pandangan,” ujar Jaksa Agung RI.

Jaksa Agung RI meminta  agar masyarakat belajar menghindari pertikaian yang sama sekali tidak produktif, hanya menimbulkan suasana sosial di sekitarnya yang  tidak harmonis.

“ sebab tindakan seperti itu, dapat memicu perpecahan persatuan sesama anak bangsa. Artinya, dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, momentum Ramadhan harus bisa memperkuat kembali semangat kebersamaan dan persatuan bangsa, “ tegasnya.

Diakui, untuk mendalami nilai-nilai persatuan, penting generasi penerus bangsa harus kembali meresapi kebhinnekaan yang sudah menjadi karakter bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, etnis, maupun agama.

“ Dalam sejarah, sebelum bangsa ini berdiri pada masa kerajaan, masyarakat yang mendiami wilayah Nusantara sudah terdiri dari beragam suku, ras, agama, dan budaya yang beragam,” Jelas Jaksa Agung RI.

Oleh karena itu, Jaksa Agung RI berharap momentum bulan suci Ramadan sudah semestinya menjadi pengingat bagi masyarakat,  untuk menjaga amanah dari para pendiri bangsa.

“ Sebagai umat Islam mayoritas di Indonesia, sudah seharusnya kita menunjukan sikap toleransi antar sesama anak bangsa tanpa harus dipecah dan dipilah berdasarkan ras, suku, warna kulit dan agama. Umat Islam Indonesia sudah semestinya juga, merawat dasar negara Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai warisan yang harus kita jaga bersama tanpa harus membenturkannya dengan dogma-dogma agama maupun ideologi lainnya, “ terangnya.

Kata dia, komitmen terhadap negara Pancasila dapat dijadikan sebagai sikap keagamaan, yakni sikap menepati janji dan menjaga amanah.

“ Kita tahu  dalam Islam, menepati janji merupakan suatu keharusan. Bahkan, sebagian ulama menyampaikan bahwa janji adalah hutang yang harus dibayar atau ditepati. Selain itu, janganlah umat islam menjadi umat yang mengingkari janji atau bahkan berkhianat atas warisan luhur dari para pendiri bangsa. Dan janganlah umat Islam sekali-sekali berlaku munafik yaitu ingkar janji dan berkhianat apabila diberikan amanah,” Sorot Jaksa Agung.

Jaksa Agung RI mengajak umat Islam, untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai bulan untuk berkontemplasi, merenungkan sejarah berdirinya bangsa yang tak lepas dari konteks kemajemukannya, agar dapat mengesampingkan segala bentuk nafsu dan sikap yang menggambarkan egoisme dan eksklusivisme yang bisa merusak hubungan harmonis dengan saudara sebangsa dan setanah air.

( Media Tual News )