Kategori
Artikel Anda Hukum Hukum dan Kriminal Kesehatan Kota Tual Maluku Tenggara Membangun Ohoi Parawisata dan Budaya Pendidikan Politik Seputar Maluku

Bupati Malra Akui Banyak Intrik Pengaruhi Proses Kepala Ohoi

Tual News – Bupati Maluku Tenggara, Drs Hi. M. Thaher Hanubun, mengakui dirinya belum memenuhi janji kampanye politik saat Pemilukada lalu, yakni dalam seratus hari kerja kepemimpinan akan segera mendefinitifkan 192 Kepala Desa / Ohoi di Kabupaten Malra, karena banyak intrik dan campur tangan.

Tual News – Bupati Maluku Tenggara, Drs Hi. M. Thaher Hanubun, mengakui dirinya belum memenuhi janji kampanye politik saat Pemilukada lalu, yakni dalam seratus hari kerja kepemimpinan akan segera mendefinitifkan 192 Kepala Desa / Ohoi di Kabupaten Malra, karena banyak intrik dan campur tangan.

Pengakuan ini disampaikan Bupati Hanubun, ketika mengambil sumpah dan melantik 12 Kepala Ohoi di Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu ( 05/9/2020 ).

“ ini adalah pelantikan sebagian kecil Kepala Ohoi dari kurang lebih 100 Kepala Ohoi yang belum dilantik. Pimpinan dan Anggota DPRD, saya mohon dan mohon, kondisi yang kami janjikan saat kampanye, tidak semudah yang dibayangkan, ternyata dalam pelaksanaan terlalu banyak intrik – intrik dan campur tangan “ Tandas Bupati Malra.

Menurut Hanubun, banyak kendala yang dihadapi, akibat dari intrik dan campur tangan dalam proses Kepala Ohoi, apalagi ada beberapah Raja ( Rat ) di Nuhu Evav yang belum dikuhkuhkan, ikut mempengaruhi proses Kepala Ohoi Definitif.

112 Kepala Ohoi Malra Tak Tuntas, Ulukyanan Usul Pilkades Serentak

“ kalau kita memahami dengan sungguh – sungguh hukum Adat Kei, Sasa Sorvit, Hira ni fo i ni, it did fo it did, (milik orang biarlah miliknya, milik kita biarlah milik kita –red, maka pasti semua berjalan aman dan baik “ Ujarnya.

Namun yang terjadi akhir – akhir ini di Nuhu Evav, Kata Bupati Malra, orang yang memiliki belang, dan  sudah diatur para Leluhur sesuai porsi masing – masing pihak, diputar balik sehingga menuai masalah.

20 Tahun Raja Ub Ohoi Faak Malra Vakum, Proses Kepala Ohoi Mandek

“  Ini menunjukan kalau Adat dan Budaya Kei belum dihayati dan dihargai dengan sepenuh hati “ Katanya.

Untuk diketahui 12 Kepala Ohoi Kabupaten Maluku Tenggara yang diambil sumpah dan dilantik Bupati Malra, masing – masing :

  1. Kecamatan Manyeuw
  2. Kepala Ohoi Ngayub, Hary Yan Robert Balubun
  3. Kepala Ohoi Ohoiluk, Norbertus Renyaan
  4. Kecamatan Kei – Kecil Timur ( KKT )
  5. Kepala Ohoi Rumaat, Andreas Setitit
  6. Kepala Ohoi Ohoilus, Markus Renleuw

Kepala Ohoi Disuk  ; Tunda Pelantikan Karena Bermasalah

Kepala Ohoi Ohoinol : Tunda Pelantikan Karena Bermasalah

  1. Kecamatan Kei –Kecil Timur Selatan ( KKTS )
  2. Kepala Ohoi Garara, Rusly Difinubun
  3. Kecamatan Kei – Kecil Barat ( KKB )
  4. Kepala Ohoi Ohoira, Jorial Renyaan

Kecamatan Hoat Sorbay   – NIHIL

Kecamatan Kei Besar Utara Timur ( Kebut )

  1. Kepala Ohoi Vanwav, Remigius Yamro
  2. Kepala Ohoi Banda Ely Suku 30, Muhamad Yanto Sanmas

Kecamatan Kei Besar Utara Barat

  1. Kepala Ohoi Dangerat, Rosmia Rada
  2. Kepala Ohoi Uat, Sainudin Namsa
  3. Kepala Ohoi Weer Ohoiker, Mansur Rabrusun
  4. Kepala Ohoi Weer, Nur Rahayaan

( TN )

Oleh tualnews

tualnews.com adalah portal berita di Kepulauan Kei sebagai media publik penyambung suara hati masyarakat. semoga media ini menjadi sarana informasi dan publikasi yang aktual, tajam dan terpercaya

Komentar Pembaca