Ketua MUI Ajak Umat Islam Kota Tual Hindari Sifat Angkuh dan Sombong

Tual News – Akibat Pandemi Covid-19, Umat Islam di Kota Tual, Propinsi Maluku, melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 H/ 2020 M, disetiap Masjid masing – masing, Jumat ( 30/07/2020 ).

Berdasarkan pantauan tualnews.com, di Masjid Agung Al – Huriyah 45 Kota Tual, puluhan umat Islam Kota Tual, melaksanakan Sholat Idul Adha dengan penuh hikmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Cabang Tual ( MUI ), H.Ahmad Kabalmay, S.Pd.I, dalam khutbah Idul Adha mengajak  umat Islam agar menjaukan sifat keangkuhan dan kesombongan, sebab apapun kebesaran yang disandang, sebagai manusia tetap kecil dihadapan Allah.

“ Saya ajak kita sekalian, mari sejenak tundukan kepada dan jiwa dihadapan Allah yang Maha Besar. Campakanlah jau – jau sifat keangkuhan dan kesombongan yang dapat menjaukan kita dari rahmat Allah SWT “ Ajak Kabalmay dalam Khutbah Idul Adha.

Menurut Kabalmay, Idul Adha dikenal dengan sebutan Hari Raya Haji, dimana kaum Muslimin sedang menunaikan haji yang utama yaitu wukuf di Arafah.

Sholat Idul Adha di Masjdi Agung Al-Huriyah 45 Kota Tual, Jumat ( 31/07/2020 )Walikota dan Wawali Tual ikut melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjdi Agung Al-Huriyah 45 Kota Tual, Jumat ( 31/07/2020 )

“ Mereka  semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit yang disebut pakain Ihram, karena melambangkan persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat, sama – sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa “ Ungkapnya.

Kata  Kabalmay, disamping Idul Adha dinamakan hari raya Haji, juga dinamakan “ Idul Qurban “, karena merupakan hari raya yang menekankan  pada arti berkorban.

Walikota Tual : Sholat Idulfitri Dibolehkan di Setiap Masjid

“ Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga Qurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, diberikan kepada Fuqaro’ wal masaakiin “ Terangnya.

Dikatakan Idul Adha yang diperingati saat ini dinamai juga “Idul Nahr “, artinya hari cara memotong kurban binatang ternak. Sejahrahyan adalah bermula dari ujian paling berat yang menimpa Nabiyullah Ibrahim.

Makmurkan Tempat Ibadah, Kapolres Malra Bantu Masjid & Gereja Wain

“ Karena kesabaran dan ketabahan Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan, Allah memberinya sebuah anugerah kehormatan yaitu “ Khalilullah “ ( kekasih Allah ) “ Ujar  Kabalmay.

H.Ahmad Kabalmay, S.Pd.I, mengaku hikmah yang dapat diambil dari pelaksanaan Sholat Idul Adha saat  ini adalah, bahwa hakekat manusia adalah sama dan yang membedakan hanyalah taqwanya sesuai Firman Allah SWT yang isinya.  “ Sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu ( Q.S.Al-Hujurat :13 ) “ tandasnya dalam Khutbah Idul Adha di Masjid Agung Kota Tual.

Lawan Covid-19, PKS Kota Tual Bhakti Sosial di Masjid

Kabalmay juga mengajak umat Islam Kota Tual bersabar dalam menghadapi ujian cukup berat akibat pandemik Covid-19, seperti tertundanya keberangkatan Calon Haji tahun 2020 ke 2021 bahkan sampai ke tahun 2020, tentu membuat antrean keberangkatan Calon Haji makin panjang dan sangat beresiko bagi calon haji lansia.

“ Kita merasa prihatin, tetapi tidak ada pilihan lain selain bersabar dan ini adalah cobaan dan ujian yang harus dihadapi ditengah Covid-19 “ Pintahnya.

Islam – Kristen Bangun Makam Pencetus Agama Islam di Pulau Kei

Hi. Kabalmay juga menyoroti, dampak Covid-19 bagi masyarakat saat ini, yakni pemutusan hubungan kerja ( PHK ) dimana-mana yang berakibat angka pegangguran terus bertambah, termasuk pemberlakukan lockdown pembatasan ruang gerak ( PSBB ) juga mengakibatkan perputaran ekonomi merosot, pendapatan menurun pada semua sektor bisnis, perdagangan, jasa transportasi, industry dll.

“ Kalau PSBB – lockdown tidak diperlonggar, maka Indonesia akan terjerumus dalam jurang resesi, orang – orang yang di PHK tidak bisa bekerja, mereka masih bisa tertolong oleh bantuan Pemerintah, namun bagaimana kalau bantuan pemerintah itu terhenti akibat resesi ? Ya Allah, jangan ada malapetaka yang lebih besar di Negeri ini “ Seru Kabalmay.

Kudubun : Puasa dan Idulfitri Milik Islam & Berkat Buat Umat Nasrani

Untuk itu Kabalmay berharap, salah satu persiapan menghadapi resesi adalah menguatkan ketahanan pangan dengan menggerakan masyarakat agar  aktif menggarap sektor perkebunan.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha  di Masjid Al-Huriyah 45 Kota Tual dilaksanakan pukul 07.00 WIT dan selesai pukul 08.23 WIT. Bertindak selaku Khotib, Hi. Ahmad Kabalmay, S.Pd.I dan Imam, Drs. Hi. Zhaki Kabalmay.

Bupati Malra : Saya Islam, Tapi Pancaran Darah Ada di Khatolik & Protestan

Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag dan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE ikut serta melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Kota Tual tersebut.

Usai Sholat Idul Adha, panitia membagikan hewan Qurban dari Masjid Al-Huriyah 43 Tual kepada 534 fakir miskin yang ada di Kota Tual .

Bantuan hewan qurban itu diperoleh dari Walikota Tual, Wakil Walikota Tual, Polres Malra,  dan para dermawan lainya. ( TN )

Komentar Pembaca